Programstudi Agroekoteknologi

SEJARAH PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
Sejarah Program Studi Agroteknologi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) dimulai dari berdirinya Fakultas Pertanian pada tahun 1977, sedangkan Program Studi Agroteknologi didirikan pada tahun 1981 yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian, melalui SK Dikti No. 0305/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981, dengan status Terdaftar. Pada saat perubahan fakultas-fakultas di UNPAB pada tahun 2017, berdasarkan SK Rektor No. 116/02/R/2017, Program Studi Agroteknologi masuk ke dalam Fakultas Sains dan Teknologi, bersama program-program studi Peternakan, Arsitektur, Teknik Elektro, Sistem Komputer, dan D-3 Teknik Komputer. Program Studi Agroteknologi mendapatkan akreditasi B melalui SK No. 1448/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 pada tanggal 30 Mei 2018

VISI
Pada Tahun 2033 menghasilkan Sarjana Pertanian yang berkarakter religius, mandiri dan mampu mengembangkan sistem pertanian terpadu berkelanjutan. Makna yang terkandung dalam visi tersebut diatas dijabarkan sebagai berikut :

-    Religius
Sarjana lulusan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNPAB harus bisa menjaga dan melestarikan lingkungan, jujur pada aplikasi bidang pertanian, dan memiliki sikap (attitute) yang baik. Adapun metode pengajaran yang memberikan pemahaman dan pengenalan religius mengutamakan terhadap cinta lingkungan dan nilai-nilai (values) Profesional, Attitude, Devotion, Integrity (PADI) dan tamadun mandiri.

-    Mandiri
Civitas akademika program studi Agroteknologi yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian dan mempunyai ketajaman analisis dan kemandirian berfikir, untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan pada dunia usaha/industri.

-    Sistem Pertanian Terpadu berkelanjutan
Civitas akademika Program studi Agroteknologi yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian dan mempunyai kemampuan untuk melaksanakan good agricultural practices (GAP).

MISI:
?    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan metode SCL dan praktical science bidang pertanian berkelanjutan.
?    Melaksanakan penelitian bidang pertanian terpadu berkelanjutan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat
?    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan efektivitas manajemen organisasi Program Studi Agroteknologi.
?    Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders yang berskala Nasional dan Internasional



TUJUAN
•    Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan ilmu dan teknologi produksi pertanian dalam upaya peningkatan produktifitas pertanian.
•    Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi produksi pertanian berdasarkan kaidah-kaidah keagamaan.
•    Menghasilkan lulusan yang unggul memiliki jiwa enterpreneur, mandiri, etos kerja tinggi, mampu mengebangkan diri secara berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan.
•    Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dan memecahkan masalah produksi pertanian dataran rendah dan dataran tinggi.
•    Menghasilkan publikasi teknologi produksi pertanian berbasis sistem pertanian berkelanjutan melalui penelitian yang relevan.

STAFF PENGAJAR
Program studi terus berupaya berbenah diri membangun kekuatan internal dan eksternalnya untuk mencapai visi dan misi yang akan dicapai. Hingga saat ini, alumni atau lulusan Prodi Agroekoteknologi 5 tahun terakhir berjumlah 311 orang, didukung oleh 19 (sembilan belas) orang yang merupakan staff pengajar  (dosen) dengan kualifikasi 2 orang lulusan S3, Dua orang sedang studi lanjut S3, lima belas orang lulusan S2, dan yang sedang studi lanjut S2 sebanyak 2 orang.


GELAR KELULUSAN
Gelar kelulusan Program Studi Agroteknologi adalah: Sarjana Pertanian S.P



PROFIL LULUSAN

CLUSTER 1 (Akademisi dan Peneliti)

Menghasilkan  Akademisi  dan  Peneliti  (Dosen,Peneliti Balai Pertanian/ Perkebunan bidang Agroteknologi pada perkebunan tanaman keras dan holtikultura) yang memiliki kemampuan manajerial:

1. Akademisi dan Peneliti
Salah satu pekerjaan yang bisa diambil saat sesudah lulus ialah menjadi seorang akademisi atau peneliti tidak hanya bisa berpuas diri dengan gelar sarjana saja, melainkan harus bisa lanjut ke jenjang pascasarjana, baik itu S2 ataupun S3.
Peluang untuk menjadi akademisi dan peneliti pertanian itu sangat besar, karena memang sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia banyak yang membuka Program Studi Ilmu Pertanian, serta mengingat status negara Indonesia itu sendiri sebagai negara Agraris, yang mana memiliki kesan "memaksa" negeri ini untuk melakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai pertanian.

2. Bergabung Bersama dengan Balitbang
Agroteknologi ini memiliki kaitan yang erat dengan rekayasa pertanian, tentu tak akan bisa dipisahkan dari yang namanya penelitian dan pengembangan pada pertanian itu.
Peluang lapangan pekerjaan yang lain yang bisa dimanfaatkan dan diambil ialah pekerjaan di badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) pertanian

CLUSTER 2 (Profesional)
Menghasilkan Praktisi bidang pertanian (Entrepreneur/ Motivator pertanian, Pengusaha, Pemilik perkebunan/ Pertanian bidang Agroteknologi pada perkebunan tanaman keras dan holtikultura) yang memiliki kemampuan manajerial.

1. Wirausahawan
Menjadi seorang wirausahawan juga menjadi salah satu prospek kerja yang bisa memiliki penghasilan atau profit tinggi dibandingkan bekerja di sektor atau lembaga yang lain.
Banyak sekali usaha atau bisnis yang bisa dijalankan di berbagai bidang, seperti :
•    Pelaku atau pengusaha bisnis pada komoditas perkebunan, hortikultura, pangan dan kehutanan.
•    Pelaku atau pengusaha bisnis di dalam bidang perbenihan, pestisida, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, pupuk dan sarana produksi pertanian.
•    Menjual berbagai macam produk pertanian, contohnya pupuk, cangkok atau pembibitan tanaman berskala industri dan hasil penyambungan.


2. Konsultan Pertanian
Seorang lulusan jurusan Agroteknologi ini juga bisa bekerja sebagai konsultan pertanian dan bisa menjadi mitra dari pengelola pertanian, mulai dari skala kecil, menengah dan skala besar.
Di samping itu, pekerjaan menjadi seorang penyuluh pertanian juga bisa dilakukan, baik di lembaga pemerintah, swasta, atau bahkan di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

CLUSTER 3 (Operator/Teknisi)
Mampu perbanyakan vegetatif tanaman, bercocok tanam budidaya pertanian,  administrasi (Pegawai sektor pertanian di pemerintahan atau swasta bidang Agroteknologi pada perkebunan tanaman keras dan holtikultura), dan memiliki kemampuan manajerial.

1. Bekerja di Sektor Pemerintahan
Seorang sarjana lulusan Agroteknologi bisa bekerja di berbagai sektor pemerintah dan di berbagai perusahaan besar.
Profesil yang biasa diduduki oleh sarjana lulusan Agroteknologi ini menjadi Birokrasi Pusat atau Daerah, Manager Farm, perkebunan milik pemerintah, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional, industri perbenihan, industri pangan, industri pakan, Badan Koordinasi Survei, penelitian dan pengembangan pemerintahan pusat.

2. Pengelola Perkebunan Pemerintah atau Swasta
Salah satu pekerjaan paling umum lulusan Agroteknologi ini adalah dengan menjadi pengelola perkebunan, baik itu perkebunan milik pemerintah ataupun milik swasta.
Di sektor perkebunan itu sendiri banyak yang bisa diisi oleh para pencari kerja, yang dimulai dari operator, pengawas dan lain sebagainya. Selain menjadi pengelola kebun pemerintah dan swasta, alumni juga bisa mengelola kebun milik pribadi atau kebun milik keluarga.

KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN INTRAKURIKULER:
Bela Negara, Olah Raga, Seni, Gathering Mahasiswa (Inagurasi), Ospek, Tes Urine, Donor Darah (PMI), Kegiatan Pencinta Alam (Komapal), Kegiatan Kewirausahaan Sosial, Assesment Kegiatan Kemahasiswaan, Pelatihan Soft Skill (Menejmen Diri, Leadirship, Komunikasi Efektif Dan Pengembangan Diri), Diskusi Online, Kegiatan PORSENI setiap tahun
 


HIMPUNAN MAHASISWA PRODI
Himpunan mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK)

KEGIATAN HIMPUNAN MAHASISWA
•    Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme (2019)
•    Seminar Sukses Berinvestasi Tanaman Aren di Indonesia (November 2016)
•    Talk Show Ibuku Seorang Petani Hebat (Desember 2017)
•    Pembuatan Taman Agro di Desa Binaan
•    Kemah Bakti Mahasiswa
•    Pertukaran Mahasiswa Nusantara (PERMATA) di Univeritas Mercu Buana Yogyakarta (Oktober 2016)
•    Pertemuan Mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia, UNPAB sebagai tuan rumah (April 2017)
•    Pertukaran mahasiswa Internasional, Passage to Asean (Agustus 2016)


KEGIATAN DOSEN DAN MAHASISWA
Kegiatan dosen dan mahasiswa antara lain:
•    Praktek Pengendalian Hama Tanaman Jeruk
•    Teknologi Budidaya Aeroponik Kentang
•    Pameran Memperingati Hari Pangan Sedunia
•    PKL Replanting Tanaman Kelapa Sawit
•    Pengenalan Dunia Pertanian bersama siswa SD
•    Inagursai dan wawasan Kebangsaan
•    Pameran Agro Inovasi BPTP Sumut
•    Studi Research Balai Penelitian tanaman sayuran
•    Pameran Agro Inovasi BPTP SU
•    Field Trip Ke Perkebunan Kelapa Sawit
•    Kunjungan Ke Perkebunan Marihat
•    Diskusi bersama kelompok tani dan penyuluh
•    Teknologi Produksi Salak Pondoh

PRESTASI MAHASISWA
Prestasi bidang akademik dan non akademik yang diraih mahasiswa antara lain:
•    The Best Prepared Speech pada The Asian English Olympics, 2016
•    Delapan besar pada  National Debate Competition dalam Acara Uread National Competition (UNC), 2016
•    Juara Harapan II Lomba Debat pada acara Youth Economics Summit 2016.
•    Juara ke-2 Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 2018
•    Juara II Lomba Berbalas Pantun pada acara Pekan Sastra, 2015
•    Juara II cabang bulutangkis pada Pekan Olahraga Mahasiswa Sumatera Utara, 2015
•    Juara I kelas F Putri kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi VIII 2016.
•    Juara I Cabang Olahraga Tenis Meja Tunggal Putra, Pekan Olahraga Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (POM-PTS) Kopertis Wilayah I Sumut,  2016
•    Juara I Lomba Lintas Alam Air Terjun Supia, 2016
•    Juara I Lomba Baca Puisi Tingkat Mahasiswa, di kegiatan Amuk Teater Sumatera Utara ke-XV "Berkarya dan Berbudaya", 2016

KERJASAMA DENGAN INSTANSI DALAM NEGERI
Kerjasama dengan instansi/institusi/lembaga dalam negeri antara lain:
Anugrah Farm, Yayasan Kayama Jash, Kepala Desa Klambir Lima Kebun, Dinas Pertanian kabupaten Samosir, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Samosir, UPTD Balai Induk Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, International Language Programs (ILP), dan Perserikatan Masyarakat Tani Nelayan Indonesia (PERMATANI)

KERJA SAMA DENGAN INSTANSI LUAR NEGERI
Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri dalam bidang pendidikan - penelitian -pengabdian masyarakat, seminar, simposium, perpustakaan, pertukaran dosen dan mahasiswa, dll,  antara lain:
Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP) - Malaysia, Daffodil International University Bangladesh, Our Lady Of Fatima University - Filipina, Northern University Bangladesh, University Sains Malaysia - Malaysia, California State University of Long Beach - USA, Study California - USA, University Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia, Humboldt State Univeristy - USA, The university of Kitakyushu - Jepang, Sun Moon University – Korea Selatan

PENGABDIAN MASYARAKAT
•    Pembuatan Pupuk Organik Bokasi Dari Limbah Pekarangan dengan Bioaktifator Em4 (2014)
•    Pembinaan pengolahan buah sirsak untuk menambah pendapatan keluarga pada kelompok perempuan di Desa Durin Tonggal Kecamatan Pancur batu. (2015)
•    Meningkatkan Pendapatan Kelpompok Ternak Berbasis Keluarga dengan Sistem Integrasi di Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal Deli Serdang (2015)
•    Mewujudkan Desa Mandiri Energi Dengan Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Sistem Pertanian Terpadu Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga (2015)
•    Budidaya Dan Pengelolaan Pasca Panen Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) Dan Pemanfaatan Limbah Baglog Menjadi Pupuk Kompos (2015)
•    Penyuluhan Pertanian Pemanfaatan Daun Sirsak (Annona Muricata Linn S) sebagai Minuman Kesehatan dengan Cita Rasa Jeruk Nipis di Kabupaten Deli Serdang (2015)
•    Pemanfaatan daun Sukun (Artocarpus Altilis) Sebagai Minuman Kesehatan dengan Cita Rasa Jeruk Kasturi (2015)
•    Mengatasi Limbah Rumah Tangga Sebagai Pupuk Organik Upaya Mengatasi Pencemaran Lingkungan Di Dusun VII Sukamaju Indah Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal (2015)
•    Penanaman bibit mahoni dan ingul di desa durin tonggal kecamatan pancur batu kabupaten deli serdang (2015)
•    Budidaya jamur Merang (Volvariella volvaceae) dengan media kompos jerami padi. (2016)
•    Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (Irt) Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Optimalisasi Produk Olahan Singkong Dengan Berbasiskan Kelompok Di Kelurahan Baru Ladang Bambu (2016)
•    Pembuatan abon dari bahan dasar ikan lele pada Kelompok Perikanan Sumber Sangkuriang (2016)

PENELITIAN
•    Pengaruh variasi konsentrasi ekstrak tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) pada sabun mandi cair (body foam) terhadap kulit. (2014)
•    Karakteristik dan uji kualitas biochar beberapa sumber limbah organik pertanian terhadap perkecambahan benih. (2014)
•    Pengaruh pemberian pupuk tunggal dan media tanam terhadap pertumbuhan bibit asam gelugur (Garcinia atroviridis). (2014)
•    Uji efektivitas minyak atsiri daun kari (Murraya koenigi) sebagai antiseptik pada sabun mandi cair. (2014)
•    Penyusunan grand opening studi pengembangan produksi pangan dan holtikultura Provinsi Sumatera Utara. (2014)
•    Karakteristik Dan Uji Kualitas Biochar Beberapa Sumber Limbah Organik Pertanian Terhadap Perkecambahan Benih. (2015)
•    Potensi  biochar yang diperkaya pupuk kandang dalam meningkatkan kualitas tanah dan hasil kedelai. (2015)
•    Pemanfaatan limbah kotoran burung peliharaan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) (2016)
•    Pengaruh Penambahan Ektrak Pisang Kepok Terhadap Nutrisi dan Tekstur Yoghurt (2016)
•    Pengujian kualitas kefir dengan menggunakan beberapa jenis fermenter. (2016)
•    Respon pemberian nutrisi ABMIX pada sistem tanam hidroponik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica juncea) dan selada (Lactuca sativa). (2016)
•    Analisis Ekonomi Usaha Tani Padi Berdasarkan Harga Bayangan (Shadow Proce) di Kabupaten Serdang Bedagai (2016)
•    Studi etnobotani tumbuh yang digunakan dalam upacara adat masyrakat parmalim di Desa Pardomuan Nauli Hutatinggi. (2016)
•    Efek penyemprotan EM-4 dan limbah kotoran burung peliharaan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy. (2016)
•    Uji kualitatif  boraks pada makanan dengan menggunakan kertas uji (paper kit) dari rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhza Roxb.) (2016)
•    Uji pertumbuhan dan produksi beberapa varietas padi di bawah naungan paranet. (2016)

KEIKUTSERTAAN DOSEN DALAM ORGANISASI KEILMUAN/PROFESI
Keikutsertaan desen dalam berbagai organisasi keilmuan dan profesi, antara lain
•    Perhimpunan Agroteknologi/ Agroekoteknologi Indonesia (PAGI)
•    Asosiasi Planter Indonesia (API)
•    Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)
•    Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
•    Perhimpunan Agronomi Indonesia  (PERAGI)
•    Perserikatan Masyarakat Tani dan Nelayan Indonesia (PERMATANI)
•    Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI)
•    Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI)
•    Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
•    Asosiasi Planter Indonesia (API)

ALUMNI
Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA FP UNPAB) mulai di bentuk pada tahun 2009 pada saat acara silaturahmi dan rauni akbar alumni Fakultas Pertanian pada tanggal 13 Juni 2009 di Griya Dome Medan, Pengurus IKA FP UNPAB tersebut disahkan melalui SK Dekan Nomor: 016/03/FP/2009.

SARANA PELAYANAN UNTUK MAHASISWA
Program Studi Agroteknologi telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa: laboratorium dan kebun percobaan

Sarana lainnya :
•    laboratorium komputer
•    ruang kuliah
•    ruang dosen
•    ruang rapat kecil dan besar
•    aula serbaguna
•    sarana ibadah
•    sarana olah raga (sepak bola dan basket)
•    poliklinik
•    ruang konseling
•    ruang e-learning
•    ruang seminar
•    ruang pelatihan softskill
•    sarana multi media
•    Student Advisory Center
•    Lembaga Pengembangan Profesi (LPPro)
•    Pusat informasi Bursa Kerja On-Line (BKOL
•    Pusat Jasa Kerja (PJK)
•    Perpustakaan dilengkapi dengan buku teks, jurnal berlangganan, dan akses e-book/e-journal yang dapat di akses pada alamat https://library.pancabudi.ac.id/

STUDIO/LABORATORIUM
•    Laboratorium Kultur Jaringan
•    Laboratorium Agronomi
•    Laboratorium Ilmu Tanah
•    Kebun Percobaan
•    Laboratorium THP
•    Laboratorium Hama dan
•    Penyakit Tanaman


PEMBINAAN SOFTSKIIL
Dilakukan pembinaan soft skills oleh SAC (Student Advisory Center), dengan bentuk kegiatan:
•    Pelatihan kepemimpinan merupakan pelatihan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan yang di miliki oleh mahasiswa.
•    Pelatihan manajemen diri dilakukan untuk menggali potensi diri.
•    Pelatihan komunikasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membangun komunikasi.
•    Pelatihan kewirausahaan dilakukan untuk membangun jiwa wira usaha mahasiswa dan mengambil peluang usaha.
•    Pelatihan persiapan memasuki dunia kerja merupakan upaya untuk mempersiakan para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja

BEASISWA
Pemberian beasiswa dilakukan secara selektif,  jenis-jenis beasiswa yang diberikan adalah :
•    Beasiswa Ranking Umum
•    Beasiswa Rangking Kelas
•    Beasiswa Prestasi dan Minat Bakat
•    Beasiswa Pilihan Prodi
•    Beasiswa Kurang Mampu
•    Beasiswa Difabel
•    Beasiswa Desa Binaan UNPAB
•    Beasiswa Tahfidz Qur’an
•    Beasiswa KIP Kuliah