Programstudi Sistem Komputer

SEJARAH PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

Pada tahun 2000 berdiri prodi sistem komputer dan teknik komputer. ditahun 2014 berdiri fakultas ilmu komputer pisah dari fakultas teknik dan di tahun 2017  berdiri  prodi  fakultas  sains  dan  teknologi penggabungan dari 7 fakultas menjadi 4 fakultas Program Studi (PS) : Sistem Komputer Jurusan/Departemen : -
Fakultas : Ilmu Komputer
Perguruan Tinggi : Universitas Pembangunan Panca Budi

Nomor SK Pendirian PS (*) : 5639/D/T/K-2011 Tanggal SK pendirian PS : 23 AGUSTUS 2000 Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS : Satryo Soemantri Brojonegoro
Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS : September 2000
Nomor SK Izin Operasional (*) : 5639/D/T/K-2011
Tanggal SK Izin Operasional : 22 Februari 2011    Peringkat
(Nilai) Akreditasi  Terakhir  :  B    Nomor  SK  BAN-PT  :
227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013  Alamat PS : Jln. Jendral Gatot Subroto Km. 4,5 PO.BOX 1099 Medan –
20122 No. Telepon PS : 061-8455571 No. Faksimili PS : 061-4514808
 



VISI

Pada Tahun 2023 menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang berkarakter religius.
-    Karakter Religius

Diterapkan dengan memulai doa pada setiap kegiatan seluruh sivitas akademika UNPAB baik setiap rapat, brefieng, dan kegiatan lainnya. Pada kegiatan PBM nilai religius diterapkan dengan memulai berdoa sebelum kegiatan PBM dan memaparkan poin dari 7 Nilai Dasar Yayasan. Antara lain tidak marah, tidak bergunjing, dan selalu berprasangka baik.

-    Memiliki Kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer Diterapkan dengan mahasiswa mampu merakit dan mengimplementasikan sistem kendali komputer berbasis robotika, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder

-    Memiliki Kompetensi di bidang Rekayasa Perangkat Lunak Diterapkan dengan mahasiswa mampu membangun aplikasi perangkat lunak baik berbasis desktop, website, andoroid dan machinthos, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder

-    Memiliki Kompetensi di bidang Keamanan Jaringan Komputer Diterapkan dengan mahasiswa mampu menganalisis dan membangun jaringan LAN, WAN, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder
 




MISI

·    Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalama menganalisi kebutuhan merancang dan mengimpleemntasikan Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak.
·    Melaksanakan penelitian di bidang
S i s t e m K e n d a l i K o m p u t e r , Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang kreatif dan inovatif.
·    Melaksanakan  pengabdian  kepada
m a s y a r a k a t s e s u a i d e n g a n kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak.
 
TUJUAN

·    Menyelenggarakan program studi yang dapat menghasilkan sarjana komputer yang profesional, cerdas, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian Pancasila.

·    Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

·    Mengembangkan kajian-kajian di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak bagi kemaslahatan umat.

·    Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara mandiri, bekerja dalam tim dan memiliki jiwa kewirausahaan.

·    Meningkatkan kualitas program studi melalui pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar Universitas Pembangunan Panca Budi.

·    M e n y i a p k a n    t e n a g a    a k a d e m i k

(pengajar/peneliti)  dalam  bidang  sistem
komputer khususnya bidang Sistem Kendali
Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan
R e k a y a s a    P e r a n g k a t    L u n a k    d a n
berkemampuan dalam melakukan desiminasi
hasil  penelitian  menjadi  publikasi  ilmiah
berupa  buku  referensi  (buku  ajar)  dan/atau
artikel  baik  secara  lokal,  nasional,  maupun
internasional,    serta    mampu    membuat,
menerapkan,  dan  mengembangkan  inovasi
k e i l m u a n    s i s t e m    k o m p u t e r    d a l a m
mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan
teknologi.
 

PROFIL LULUSAN


Mampu Menguasi jaringan client-server, Mampu melakukan digital forensik, Mampu menganalisis keamanan sistem dan jaringan, Mampu menganalisis dan membangun jaringan dan sistem yang aman, Mampu melakukan pencegahan dari serangan terhadap sistem dan jaringan, Mampu melakukan network programming, Wirausaha bidang jaringan dan keamanan.

Menguasi jaringan client-server, Mampu melakukan digital forensik, Mampu menganalisis keamanan sistem dan jaringan, Mampu menganalisis dan membangun jaringan dan sistem yang aman, Mampu melakukan pencegahan dari serangan terhadap sistem d a n j a r i n g a n , M a m p u m e l a k u k a n n e t w o r k programming, Wirausaha bidang jaringan dan keamanan.

Menguasai berbagai bahasa pemograman, mampu melakukan berbagai analisis kebutuhan, untuk membangun aplikasi yang berkualitas. Mampu mengembangkan perangkat lunak baik berbasis dekstop, web, maupun mobile mampu memanagement proyek perangkat lunak, menguasai database system administrator.

 

STAF PENGAJAR

Dosen tetap dan tidak tetap yang mengajar di

prodi Sistem Komputer
bergelar S2 75 Orang
Dosen tetap Sistem Komputer bergelar S3 1 Orang

KONSENTRASI DAN
GELAR KELULUSAN

Konsentrasi Program Sistem Komputer :

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
KJK (Keamanan Jaringan Komputer)
Robotika
Gelar lulusan seluruhnya :
Sarjana Komputer (S.KOM)
 

KEGIATAN HIMPUNAN MAHASISWA (IMAKOM)

Ø    Kegiatan Perkuliahan yang diadakan di kelas

Ø    Kegiatan Tugas kelompok perkuliahan di kelas

Ø    Kelompok Minat Bakat Mahasiswa

Ø    Kegiatan Tugas Kelompok perkuliahan di Laboratorium

Ø    Penyusunan proposaldan pelaksanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
 
FASILITAS DAN PELAYAAN UNTUK MAHASISWA

-    Bimbingan Konseling

-    Minat dan Bakat Ektra Kurikuler
-    Pembinaan Soft Skiil
-    Beasiswa
-    Kesehatan
-    Bursa Kerja Online
-    interner

1.    B a n t u a n B i a y a P e n d i d i k a n d a n B e a s i s w a Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) – Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mahasiswa berprestasi dengan prasyarat IPK terbaik diberikan Beasiswa PPA, sementara kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi yang baik diberikan Beasiswa BBP-PPA. Lama masa beasiswa diberikan selama 1 (satu) tahun.

2.    Bidik Misi dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Mahasiswa baru yang kurang mampu mendapatkan Beasiswa Bidik Misi dan diberikan semlama masa perkuliahan 8 (delapan) semester.

3.    Beasiswa prestasi, Minat dan Bakat dari Universitas Lama masa beasiswa ini diberikan satu kali selama masa perkuliahan. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berdasarkan prestasi akademik (ranking kelas), minat dan bakat (bidang olahraga, seni, dll) yang didapat mahasiswa.

4.    Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM) dari Universitas Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu.
5.    Beasiswa Desa Binaan Program Studi, beasiswa ini diberikan berdasarkan rekomendasi oleh program studi yang diperoleh dari program keberlanjutan desa binaan.
 

PEMBINAAN SOFTSKIL

pembinaan softskills, seluruh mahasiswa program studi sistem komputer wajib mengikuti minimal 4 (empat) kegiatan, yaitu:

Ø    Pelatihan Manajemen Diri, menggali potensi diri.

Ø    Pelatihan Motivasi, untuk menunjukkan prestasi yang lebih baik perlu dibangun motivasi diri.
Ø    Melatih keterampilan komunikasi, agar tercipta komunikasi yang lebih baik dan ideal baik non-verbal maupun verbal.
Ø    Pelatihan kepemimpinan, untuk menjadi pemimpin yang baik perlu pembentukan karaktek yang baik.



MINAT DAN BAKAT MAHASISWA

a.    Kelompok minat Bahasa Inggris, dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga belajar Bahasa Inggris Altissia. Setelah mengikuti pelatihan dan test verbal ini mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa inggris yang secara umum dapat membantu mahasiswa memahami dan mengkomposisikan artikel berbahasa inggris.
b.    Kelompok Seni dan Tari Mahasiswa, dilakukan melalui kumpulan mahasiswa pecinta seni dan teater

c    .

Kelompok Software Develop, dilakukan oleh kelompok mahasiwa yang tidak hanya tergabung oleh ikatan mahasiwa komputer dan ikatan mahasiswa teknik komputer melainkan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa yang tertarik dalam pembangunan dan pengembangan software, setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa lebih memiliki keterampilan dalam software develop


HIMPUNAN ALUMNI

Program Studi Sistem Komputer memiliki himpunan alumni bernama Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Komputer (IKA-FT) yang d i t e t a p k a n , d i b e n t u k d a n d i s a h k a n kepengurusannya pada tahun 2015 melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komputer No:132/II/FILKOM


STUDIO / LABORATORIUM

ü    Lab Pemograman dasar

ü    Lab Pemograman Lanjutan
ü    Lab Desain Multimedia
ü    Lab Jaringan dasar
ü    Lab Troublesooting
ü    Lab Embeded sistem
 
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

1)    UKM Olah Raga

a.    Bola Kaki, latihan bola kaki dilakukan pada setiap hari Rabu dan Jum'at mulai pukul 15.30 s.d 18.00 di lapangan bola kaki UNPAB. Dalam latihan mahasiswa dilatih oleh Pelatih Nasional, dan Assisten Pelatih Selain melakukan latihan rutin, mahasiswa kelompok minat bola kaki juga difasilitasi untuk mengikuti beberapa pertandingan persahabatan baik didalam maupun luar kota. Dalam kelompok minat ini juga diikuti oleh mahasiswa program studi lain.

b.    Futsal

Pelaksanaan latihan futsal dilakukan 3 kali seminggu pada setiap hari Senin, Rabu dan jumat di lapangan futsal di UNPAB pada pukul 14.00 s.d 16.00 Dengan adanya tim futsal ini sudah ada beberapa mahasiswa UNPAB untuk di panggil untuk menjadi bagian tim pemain AFP Sumatera Utara.

c.    Bola Voli

Pelaksanaan latihan bola voli dilakukan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu di lapangan bola voli UNPAB pada pukul 14.00 s.d 16.00 Dengan adanya kegiatan tim bola voli ini telah dipanggil beberapa orang mahasiswa UNPAB untuk mengikuti pelatihan POMNAS dan PON untuk cabang olah raga bola voli Prov. Sumatera Utara.

2)    Ikatan Mahasiswa Komputer (IMAKOM) : Merupakan organisasi yang berada dibawah program studi Sistem Komputer yang terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional sejak tahun 2015 s/d sekarang. dan dibina langsung oleh ketua program studi, kepengurusan IMAKOM diketuai langsung oleh mahasiswa aktif yang diangkat dan di mandatkan untuk memimpin organisasi IMAKOM (SK-Pengangkatan) kemudian secara mutlak

k e p e n g u r u s a n I M A K O M b e r a d a p a d a t a n g g u n g j a w a b k e t u a t e r p i l i h , d a l a m pelaksanaannya IMAKOM sering melakukan berbagai macam kegiatan baik dilingkungan kampus sendiri maupun kampus lain. (Dokumen Lengkap Tersedia) berbagai kegiatan yang telah dilakukan IMAKOM yaitu:
a.    Workhop IT dan Pemograman
b.    Seminar
c.    Pameran IT
d.    Munas PERMIKOMNAS USADA Jakarta
e.    Muswil 1 PEMIKOMNAS UNSAM Langsa
f.    Field trip bersama Universitas Sonnkla Thailand
 















3)    UKM Korps Mahasiswa Pencinta Alam (KOMAPAL), mempunyai pelatihan-pelatihan dan kegiatan sebagai berikut :

a.    Pendidikan Dasar (Diksar), dilakukan dalam rangka kaderisasi anggota baru. Pada pendidikan dasar ini, mahasiswa calon anggota KOMAPAL dibekali materi berupa wawasan tentang lingkungan khususnya di alam bebas, pembekalan materi tersebut yaitu : tali temali (simpul), panjat tebing, navigasi darat, mountaineering, Ilmu Komputerbertahan hidup dalam hutan dan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

b.    Pendidikan lanjutan, suatu kegiatan yang merupakan pendidikan wajib diikuti setiap mahasiswa yang ingin menjadi anggota baru KOMAPAL yang sudah melaksanakan pendidikan dasar. Kegiatan pendidikan ini dilakukan untuk setiap bakat dan minat spesialisasi masing-masing anggota baru yang tergabung. Adapun pendidikan memiliki materi yang di ajarkan sebagai berikut :

a)    Arung Jeram, suatu kegiatan yang merupakan Ilmu Komputermengarungi sungai dari hulu ke hilir dengan menggunakan alat seperti perahu karet atau sejenisnya.

b)    Rimba Gunung, suatu kegiatan yang merupakan penelusuran hutan belantara dan mendaki gunung. Dalam pendidikan kegiatan ini melatih pembentukan fisik yang kuat, kemampuan
membaca acuan dalam peta dengan benar.
c)    Susur Gua, suatu kegiatan yang merupakan pengenalan tentang karakteristik gua. Dalam pengetahuan ini diperlukan dalam eksepedisi menyusuri satu daerah ke daerah lain melalui jalur.

d)    Panjat Tebing, suatu kegiatan yang merupakan cabang olahraga yang mengutamakan Ilmu Komputerkelenturan, kekuatan, kecerdikan serta keterampilan baik menggunakan peralatan maupun tidak dalam mengolah dan menyiasati curamnya tebing.

 
(Dokumentasi lengkap tersedia)
 

4)    Usaha Kecil Menengah (UKM) Universitas Kegiatan ini menfasilitasi mahasiswa untuk pengembangan bakat dalam kewirausahaan . Pelaksanan kegiatan ini dilakukan dibawah bimbingan dosen pembimbing UKM Program Studi bersama UKM Universitas. Kegiatan ini berhasil untuk daya saing dan peningkatan kreatifitas mahasiswa dalam berwirausaha dan memotivasi mahasiswa untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).

5)    Kumpulan Anak Seni dan Teater (KUAST), merupakan kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok seni tari, music, dan teater. Dalam pelaksanannya mahasiswa ini sering diikut sertakan dalam kegiatan dan acara yang ada pada program studi dan universitas juga menerima dari universitas lain. Kelompok mahasiswa melakukan latihan menambah kerasi mereka di lapangan mahabento dan panggung orasi setiap hari

6)    Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FILKOM): Merupakan organisasi yang berada dibawah program studi Sistem Komputer dan dibina langsung oleh ketua program studi, kepengurusan BEM FILKOM diketuai langsung oleh mahasiswa aktif yang diangkat dan di mandatkan untuk memimpin organisasi BEM FILKOM (SK - Pengangkatan) kemudian secara mutlak kepengurusan BEM FILKOM berada pada tanggungjawab ketua terpilih, dalam pelaksanaannya BEM FILKOM sering m e l a k u k a n b e r b a g a i m a c a m k e g i a t a n b a i k dilingkungan kampus sendiri maupun kampus lain. (Dokumen Lengkap Tersedia) berbagai kegiatan yang telah dilakukan BEM FILKOM yaitu:

a.    Makrab Anggota Baru
b.    Penelitian dan Pengabdian Desa Binaan Bagan Deli Belawan

c.    Gathering Mahasiswa Reguler
d.    Gathering Mahasiswa Karyawan
e.    Lomba StratUP IT Phoria Universitas Pasundan Bakti Sosial serta sahur bersama dengan anak panti asuhan Padang Bulan Medan

 
 
WORSHOP / SEMINAR

Tahun Ajaran 2016/2017 Program Studi t e l a h m e l a k s a n a k a n D i s k u s i I l m i a h , Diseminasi Pelatihan, Workshop, Pelatihan, Seminar, Kuliah Umum, Field Trip yakni:

1)    Diskusi ilmiah mahasiswa dan dosen dengan pemateri Prof. Dr. Muhammad Zarlis dengan Industri Digital 4.0

2)    Workshop dan sosialisasi hak kekayaan intelektual, workshop pengembangan pusat

s t u d i d a l a m m e n i n g k a t k a n i n c o m e generating, workshop peningkatan akreditasi program studi sistem komputer menuju A dan penguatan pengelolaan manajemen ruang.

3)    Pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah, pelatihan penulisan skripsi.

4)    Kuliah Umum dengan tema A New Method in Computer Base dengan peserta dosen dan mahasiswa.

5)    Fieldtrip ke Kantor Inari Malaysia



KEIKUT SERTAAN KETUA PRODI DI ORGANISASI

-    Wakil Ketua Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) tahun 2017 s/d Sekarang

-    Anggota APTIKOM 2014 s/d Sekarang
-    Asesor Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi
-    Pembina Ikatan Mahasiswa Ilmu Komputer (IMAKOM) UNPAB 2015 s/d Sekarang
-    Ketua Ikatan Mahasiswa Program Doktor Universitas Sumatera Utara 2016 s/d Sekarang
-    Lead Manager Cisco UNPAB pada Cisco Indonesia
-    Sekretaris Serikat Tolong Menolong (STM) Komplek Handayani Binjai
-    Sekretaris Perwiritan yasin Komplek Handayani Binjai
-    Anggota Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Komplek Handayani Binjai

KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI LUAR NEGRI

ü    Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Kerjasama ini dilakukan dengan membuat Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah dirintis UNPAB. MoU yang sudah ada antara lain Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP), bentuk kerjasama yang sudah dilakukan adalah pengembangan kualifikasi sta?f dosen
 

KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI DALAM NEGRI

Ø    Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri. Program Studi Ekonomi Pembangunan berperan aktif sebagai anggota ISEI, IAEI, ADRI


KERJASAMA DENGAN PEMERINTAHAN

v    Kerjasama dengan instansi pemerintah (BUMN, Pemprov, Pemkab dan Pemko). Antara lain dengan Bupati Samosir dalam mendukung program Tehnopark Danau Toba, Kabupaten Batu bara dalam pengembangan desa binaan


SARANA PELAYANAN UNTUK MAHASISWA

1.    Lapangan Olahraga (Bola Kaki dan Basket)

2.    Poliklinik
3.    Lapangan Kegiatan
4.    Ruang Rapat Bersama
5.    Aula Serbaguna
6.    Student Advisory Center
7.    Ruang Pelatihan Softskill
8.    Multi Media
9.    Ruang Lembaga Pengembangan Profesi (LPPro
10.    Pusat informasi Bursa Kerja On-Line (BKOL
11.    Pusat Jasa Kerja (PJK)



DATA PENGABDIAN MASYARAKAT

2014  Implementasi Aplikasi Pemrograman Aktifitas Anak Cerdas Untuk Usia 4 Sampai 6 Tahun Menggunakan Adobeflash Cs6

2014  P e l a t i h a n p e m a n f a a t a n m e d i a penyimpanan online bagi guru dan siswaa pada sekolah SMA Jaya Lestari Serdang Bedagai

2014  Pelatihan pembuatan ujian on-line dengan fasilitas E-Learning pada sekolah SMP Swasta Melati
Binjai        
2014     P e l a t i h a n  P e n g g u n a a n    m e d i a
pembelajaran berbasis E-Learning    
2014     I m p l e m e n t a s i  S i s t e m  P e n d u k u n g
Keputusan Memilih Jurusan Di SMK Menggunakan
Metode Fuzzy    
2014     Pemanfaatan  power  pint  2013    sebagai
pendukung media pembelajaran yang imajinatif pada sekolah SMP Harum Sentosa Serdang Bedagai
2014     Implementasi    Aplikasi  Game Anak
Cerdas  (Puzzle,  Susun  Kata  Dan  Pencocokan
Gambar)  Tingkat  Taman  Kanak-Kanak  Berbasis
Multimedia
2014  Pelatihan Editing Video Menggunakan C o r e l S t u d i o Vi d e o P a d a S e k o l a h S M K Muhammadiyah 10 Kisaran
 
2014 Pelatihan  Pembuatan  Layout  Buku

Ajar Dengan Adobe In Design Pada Sekolah
SMA Swasta Muhammadiyah 08 Kisaran
2014 Workshop  Konfigurasi  Jaringan

B l u t u t h B e r b a s i s A r d u i n o U n o U n t u k Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Dharma Patra Pangkalan Susu
2014 Pelatihan Program Simulasi Jaringan Komputer Untuk Menunjang Pemebelajaran
Siswa-Siswi Di SMK Pembangunan Nasional Pangkalan Susu

2014 P e l a t i h a n J a r i n g a n C I S C O menggunakan CISCO Paket Tracer Pada Siswa TKJ Dharma Patra Pangkalan Brandan

2014 Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra Untuk Menunjang Pencapaian Standar Kompetensi Guru Matematika dan Siswa Pada SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan

2014 Pelatihan Tulisan Berjalan (Running Text) Di SMK Muhammadiyah-18 Pangkalan Brandan

2014 Pelatihan Pembuatan Blog dalam Mendukung Proses Pembelajaran Untuk Guru
pada Sekolah SMKS NU Al-Ma'arif Pangkalan Brandan

2014 Pelatihan Pembuatan Layout Buku Ajar Dengan Adobe In Design Pada sekolah sma swasta muhammadiyah 08 kisaran
2014 s i s t e m    p e n d u k u n g    k e p u t u s a n
perencanaan pembangunan jaringan jalan di kecamatan jangka buya kabupaten pidie jaya 2014  sistem informasi pendataan gaji

honorer pada kantor camat jangka buya kabupaten pidie jaya
2014     aplikasi penjualan obat pada apotik
sehat  sigli  kecamatan  sigli  kabupaten  pidie
berbasis web
2014     sistem    informasi  data pajak pada

kantor dinas kebersihan dan pertamanan di kabupaten pidie.

2014  desain dan implementasi pendaftaran siswa baru berbasis web di sma negeri 1 mutiara kabupaten pidie

2014  sistem informasi administrasi kependudukan pada kantor camat peukan baro pada kabupaten pidie

2014  aplikasi penjualan obat pada apotik tanjong sehat kecamatan bandar dua kabupaten pidie jaya berbasis web
2014     P e m b u a t a n  P o r t a l  S i s t e m
Pembukuan Barang Masuk Dan Barang Keluar
Berbasis Web Pada PT. Wika Beton
2014     Pembuatan Aplikasi Game Edukasi
Mengenal Waktu Tingkat Sekolah Dasar Dengan
Menggunakan Adobe Flash Berbasis Multimedia
2014     Perancangan Aplikasi  Diagnosa
Penyakit Kanker Serviks Menggunakan Metode
Certainty Factor
 
        
            
        
        
        
            
        
    
            
        
            
        
        
        
        
        
        
            
        
        
    
            
                
            
            
        
        
        
            
        
            
        
    
        
            
            
        
        
        
        
        
            
        
        
        
        
            
        
    
        
        
            
        
        
            
        
            
            
            
        
        
            
                
        
    
            
        
        
            
        
        
        
            
                
            
        
        
            
                
                
            
        
        
        
        
        
        
            
        
    
            
        
    
        
            
            
    
            
        
    
        
        
            
        
Kualitas Ikan Segar Menggunakan Metode Ripple
Menggunakan  Metode  Algoritma  Genetik  Pada
Down Rule (RDR)
Persaingan Minang Plantation
 

2015  Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Buah Coklat Terbaik Pada PT. Perkebunan Hasfarm Sukokulon Dengan Metode Profile Matching Berbasis Web 2015  S i s t e m P e n d u k u n g K e p u t u s a n U n t u k Pemeliharaan Material Almatsisfo Di Infolahtadam I/Bukit Barisan Dengan Menggunakan Metode Certanty Factor 2015  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru SD Terbaik Menggunakan Metode SAW 2015  Implementasi Firewall Squid Lusca Linux Ubuntu Dan Hotspot Mikrotik Pada Peningkatan Kualitas Jaringan Internet Di SMP Kesatria Medan

2015  Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Kendaraan Inventaris PT. Midi Utama Indonesia Tbk, Branch Medan Berbasis Web Menggunakan PHP

2015  Implementasi Algoritma K-Means Clustering Pada Data Siswa Berdasarkan Jurusan Yang Di Minati Pada SMKN 2 Binjai

2016  Implementasi Aplikasi Jadwal Dokter Pada Rumah Sakit Permata Bunda Medan Berbasis Android

2016  Implementasi Aplikasi Indonesia Tourism Berbasis Android

2016  Implementasi Sistem informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi dan Spesifikasi Hotel-Hotel Di Medan

2016  Implementasi Website Sistem Informasi Penjualan Emas Secara Online Pada Toko Emas Kurnia Berbasis Web

2016  Implementasi Game Petualangan Mengenal dan Menghindari Penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psikotropika Dan Zak Adiktif)

2016  Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Bahan Bangunan Pada CV. Guna Wijaya Medan Menggunakan Vb. Net 2012 dan MySQL

2016  Implementasi sistem Pendukung Keputusan Penentuan bibit Padi Unggul Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web

2016  Implementasi Aplikasi Penerimaan Mitra Kerja Badan Pusat Statistik Kota Medan Untuk Pengentrian Data Penduduk Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL 2016  Implementasi Aplikasi Pembelajaran Dan Game Edukasi Sain Untuk siswa Tingkat Sekolah dasar Kelas 1 Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Flash CS 06

2016  Implementasi Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Di Bidang Bahasa Inggris Tinkat Sekolah Dasar Kelas I Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS 06

2016  I m p l e m e n t a s i G a m e G i t a c h a n J u m p Menggunakan Construct 2 Berbasis Web

2016  Implementasi Aplikasi Pemrograman Aktifitas Anak Cerdas Untuk Usia 4 Sampai 6 Tahun Menggunakan Adobeflash Cs6

2016  Implementasi Aplikasi Pengolahan Data Perpustakaan Berbasis Web Di Yayasan Pendidikan Bayu Pertiwi Sunggal Menggunakan PHP Dan MySQL

2016  Implementasi Aplikasi Pengolah Data Akademik Berbasis Web Pada Yayasan Pendidikan Bayu Pertiwi Sunggal Dengan PHP Dan MySQL

2016  Implementasi Pengontrolan Lampu Otomatis Dengan Menggunakan Arduino Uno Berbasis Android
 

2016     Implementasi Sistem Pencarian
R e s t o r a n  Te r d e k a t  D e n g a n  M e t o d e
DIJKSTRA Berbasis Android  Di  Kota
Medan        
2016     Implementasi Sistem Pengontrol
Pakan  Ikan  Melalui Aplikasi  Berbasis
Android Menggunakan Arduino Uno
2016     Implementasi Sistem Pengontrol
Pemberi Pakan Ikan Melalui SMS Gateway
Menggunakan Arduino Uno    
2016     Implementasi Aplikasi  Sistem
Informasi Administrasi Kependudukan Di
Desa  Tandam  Hilir  II  Kabupaten  Deli
Serdang Berbasis Web    
2016     I m p l e m e n t a s i    We b s i t e  E -
Commers Kopi Aceh Gayo Pada Sada Kopi
Shop        
2016     Implementasi   Alat Pendeteksi
Kebakaran Pada Gedung Berbasis Atmega
AT89S51        
2016     Implementasi Aplikasi  Pintar
Bermain Angklung  Berbasis  Multimedia
Dengan Platform Android    
2016     Implementasi    Pembuatan
Sistem  Informasi  Data  Import  Dan
Pengolahan Kulit Hewan Ternak Pada PT.
Mahesa Anugrah Medan    
2016     Implementasi Sistem Informasi
Data Aset Sekolah Pada Yayasan Pendidikan
Tarbiyah    Islamiyah  Hamparan  Perak
Berbasis Web    
2016     Implementasi Sistem Pendukung
Keputusan    Pemilihan  Siswa  Berprestasi
M e n g g u n a k a n M e t o d e M u l t i f a k t o r Evaluation Process (MFEP) Pada Sekolah Dasar 050657 Langkat Berbasis Java

2016  I m p l e m e n t a s i A p l i k a s i Permainan Bingo Dengan Metode Blum-Blum Shub (BBS) Dan Blum Micali
Generator (BMG) Menggunakan VB.NET
2016     Implementasi    Data    Mining
Tindak  Kejahatan  Berdasarkan  Faktor
Penyebab Menggunakan Metode Clustering
2016     Implementasi Rancangan Media
Pengiriman Video Dan Naskah Kontributor
TVONE Biro Medan Berbasis Web
2016     Implementasi Web E-Commerce
Aksesoris Handphone Pada Toko Kita S e l u l e r M e n g g u n a k a n F r a m e w o r k Openchart Berbasis PHP
2016     I m p l e m e n t a s i    S i s t e m
Perancangan  Dan  Pembuatan Aplikasi
Penjualan  Barang  Pada  Kurnia Agung
Stationary Menggunakan VB. 6.0
2016     I m p l e m e n t a s i    A p l i k a s i
Monitoring Pemeliharaan Berkala Truk Pada PT. Serdang Hulu
 
2016  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Izin Pada Mini Market Alfamart Dan Alfamidi Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Berbasis Web

2016  Implementasi Pengamanan Basis Data Pegawai Bagian Administrasi Pada SMK Putra Anda Binjai Menggunakan Metode Enkripsi MD5

2016  Implementasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Kriptografi Klasik Dan Modern Berbasis Web

2016  Implementasi Dasboard Pelaksanaan Penyelesaian Callback Center Berbasis Web

2016  Implementasi Pencarian Jalur Terdekat Dalam Distribusi Barang Elektronik Pada CV Rita Wija Di Kota Binjai Menggunakan Metode Djikstra

2016  Implementasi Metode SAW Untuk Memprediksi Pemberian Bantuan Kepada UKM

2016  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

2016  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Dengan Menggunakan Metode Smarter

2016  Implementasi Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Insetif Pada PT. Semadam Menggunakan Metode SAW

2016  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Guru Pada Sekolah Dasar Negri 105283 Dengan Metode Weight Product Berbasis Java

2016  Sistem Pendukung Pemilihan Smartphone Terbaik Untuk Konsumen Dengan Metode Profile Machine
2016     Aplikasi Kamus Muslim Berbasis Android

2016  Aplikasi Perpustakaan Sekolah Mts Swasta Nurul Fauzi Stabat Berbasis WEB

2016  Sistem Pendudung Keputusan Untuk Menentukan Cara Mengajari Anak Membaca Sebelum Masuk Sekolah Menggunakan Cumulative Voting

2016  Pembuatan Aplikasi Game Asah Ingatan Dalam Memperkenalkan Bentuk-Bentuk Tingkat Taman Kanak-Kanak

2016  Aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Islam Tingkat Anak Usia Dini Berbasis Desktop Dengan Adobe Flash

2016  Pembuatan Aplikasi Belajar Berbasis Desktop Dalam Mengenalkan Budaya Indonesia

2016  Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis Web Pada Sekolah SMA Swasta Primbana
 

2016  Implementasi Metode Brown Gibson Untuk Pemilihan Lokasi Kafe Jus Kuphi Medan 2016  Implementasi Fuzzy Inference system
Metode Tsukamoto Pada Pengmabilan Keputusan
Pemberian Kredit Pemilikan Rumah
2016     Implementasi  Metode  Naive  Bayesian
Untuk  Memprediksi  Hasil  Sepakbola  Indonesian
Soccer Championship
2016     Implementasi  Algoritma  Dynamic

Markov Compression (DMC) Dalam Kompresi File
Dokumen
2016     Sistem Informasi Geografis Masjid Di
Wilayah Kota Medan Menggunakan Quantum Gis
2016  Pembangunan Aplikasi Perhitungan Total Insentif Terhadap Pencapaian Sales Marketing Pada PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia
2016     P e r a n c a n g a n    S i s t e m    I n f o r m a s i
P e n d a f t a r a n    S i s w a / i    B a r u    B e r b a s i s    We b
Menggunakan  PHP Dan  MySQL (Studi  Kasus  :
SDN 060887)
2016     S i s t e m  I n f o r m a s i  A p l i k a s i  E -
Recruitment Lowongan Kerja Online
2016     Implementasi  Sistem  Pakar  Untuk
Menentukan  Mutu  Ikan  Nike  Pada  PT.  Bintang
Sejahtera Stabat
2016     Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan
Untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weight Product Berbasis Java Pada Fakultas Ilmu Komputer Panca Budi Medan
2016     Implementasi  Metode  Smarter  Dalam
Pemilihan  Dosen  Pembimbing  Berbasis  Dekstop
Pada Program Studi Komputer
2016     Aplikasi Kepegawaian Di Kantor Camat
Medan Helvetia
2016     Media  Pembelajaran  Dan  Bermain
Menggenali Anggota Badan Dan Fungsinya Bagi
Anak TK    
2016     Implementasi  Metode  Smarter  Untuk
Pemilihan Mobil Bekas
2016     P e r a n c a n g a n  S i s t e m  I n f o r m a s i
Pembelian,  Penjualan  Dan  Persediaan  Pada  PT.
Golden Betenut Medan
2016     Sistem  Informasi  Penggajian  Pegawai
Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara
2016     Rancang  Bangun Aplikasi  Pengendali
Kunci Rumah Dengan Arduino Uno R3 Berbasis
Android    
2016     S i s t e m  P e n d u k u n g  K e p u t u s a n
Menentukan Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Wighting (SAW)
2016     S i s t e m    P e n d u k u n g    K e p u t u s a n
Menentukan Kelayakan Distributor Biji Kopi Sebagai Bahan Dasar Pada PT. Arvis Sanada Sanni Indonesia Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

2016  Sistem Informasi Pendudukan Di Desa Halaban Kec. Besitang Kab. Langkat
 
2016  Game Fuzzle Matematika Untuk Membantu  Anak-Anak Dalam Masalah Berhitung

2016  Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Client Server

2016  Sistem Pendukung Kredit Usaha Rakyat Pada Bank Sumut Cabang Tandem

2016  Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Pada Siswa SMA Kampus FKIP Nommensen Dengan Menggunakan Metode AHP

2016  Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui J e n i s K e c e r d a s a n P a d a A n a k B e r b a s i s We b Menggunakan Metode Forward Chaining

2016  Sistem Pengelolaan Data Pegawai Berbasis Dekstop Pada Kantor Pelayanan Perijinan Kabupaten Karo

2016  Sistem Informasi Penggajian Pegawai Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah    Desa Kabupaten Karo                

2016  Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pelamar Kerja Posisi Bancassurance Specialist PT. BNI Life Menggunakan Metode AHP
2016  Implementasi Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Raport Online Berbasis Web Pada SD Swasta Budi Setia
2016  Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Memilih Jurusan Di SMK Menggunakan Metode Fuzzy