Programstudi Akuntansi

SEJARAH PROGRAM STUDI AKUNTANSI
Berdirinya Fakultas Ekonomi & Bisnis tidak bias dilepaskan dari sejarah Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). Fakultas Ekonomi & Bisnis merupakan salah satu dari 5 Fakultas pertama sejak berdirinya UNPAB pada tahun 1961, dimana Fakultas Ekonomi & Bisnis berdiri pada tanggal 13 Mei 1964. Pada awal berdirinya Fakultas Ekonomi & Bisnis memmiliki mahasiswa 90 orang. Untuk proses pembelajaran sebagian besar didukung oleh tenaga pengajar dari Fakultas Ekonomi USU dan UNIMED. Status Program Studi Akuntansi didirikan pada tanggal 22 Mei 1986 mendapat status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 0387/0/1986.Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasional RI Nomor 004/BAN-PT/AK-IV/ 2000 tanggal 27 April 2000.Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 017/ BAN-PT/AK-IX/S1/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005. Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 010/BAN-PT/AK-XII/S1/V/2009 tanggal 23 Mei 2009. Status Terakreditasi B Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 192/SK/BAN-PT/AK-XVI/S1/IX/2013 tanggal 21 September 2013. StatusTerakreditasiA berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 421/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019.

VISI PROGRAM STUDI AKUNTANSI
Visi Program Studi Akuntansi sampai tahun 2023 adalah adalah :“Menyiapkan Lulusan Yang Unggul dibidang Akuntansi Bisnis danAkuntansi Publik Berbasis Pada Etika Profesi Akuntan di Indonesiauntuk kemaslahatan umat”.

MISI PROGRAM STUDI AKUNTANSI

  1. Mengembangkan Proses Pendidikan dan Pembelajaran di Bidang Ilmu Akuntansi.
  2. Mengembangkan penelitian bermutu di bidang Akuntansi sesuai dengan Roadmap Penelitian.
  3. Mengembangkan pengabdian sesuai dengan kompetensi di bidang Akuntansi dan Roadmap Pengabdian.


TUJUAN PROGRAM STUDI AKUNTANSI
Tujuan Program Studi Akuntansi adalah:
a. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkanIPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah akuntansi sertamampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.Artinya program studi akuntansi menyelenggarakan proses pendidikan yangakan menghasilkan.

  1. Penyelenggaraan kelas Internasional.
  2. Penyelenggaran pembelajaran menggunakan e-learning.
  3. Penyelenggaraan pembelajaran melalui tugas lapangan ke instansiPemerintah dan Swasta.


b. Menghasilkan karya penelitian sesuai dengan perkembangan ilmuAkuntansi yang bermanfat bagi kemaslahatan umat.Artinya program studi akuntansi menghasilkan penelitian yang sesuaidengan perkembangan ilmu dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat,dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tahun 2014 s/d 2018: Menghasilkan penelitian akuntansi dengan topikpengembangan standart akuntansi sektor bisnis dan sektor public dengan skala luaran penelitian tingkat Regional, Nasional dan Internasional.
  2. Tahun 2019 s/d 2023: Menghasilkan penelitian akuntansi dengan topikmengenai akuntansi berwawasan lingkungan dengan skala luaranpenelitian tingkat regional, nasional dan internasional.
  3. Tahun 2024 s/d 2028: Menghasilkan penelitian akuntansi dengan topikakuntansi berwawasan teknologi dan informasi dengan skala luaranpenelitian tingkat regional, nasional dan internasional.
  4. Tahun 2029 s/d 2033: Menghasilkan penelitian akuntansi dengan topiksumber daya profesi akuntansi dimasa yang akan datang dengan skalaluaran penelitian tingkat regional, nasional dan internasional.BAN-PT: Laporan Evaluasi Diri Program Studi Akuntansi 2018


c. Menghasilkan sumberdaya yang dapat mengimplementasikankeilmuman Akuntansi dan berperan dimasyarakat.Artinya program studi akuntansi menghasilkan pengabdian masyarakatyang didapat dari sumberdaya di program studi akuntansi dan dapatdiimplementasikan kepada masyarakat, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tahun 2014 s/d 2018: Menghasilkan pengabdian masyarakat sesuaidengan topik pemanfaatan penerapan standart akuntansi sektor bisnisdan sektor publik dengan skala tingkat Regional, Nasional dan Internasional.
  2. Tahun 2019 s/d 2023: Menghasilkan pengabdian masyarakat sesuaidengan topik penerapan akuntansi berwawasan lingkungan denganskala luaran tingkat Regional, Nasional dan Internasional.
  3. Tahun 2024 s/d 2028: Menghasilkan pengabdian masyarakat sesuaidengan topik penerapan akuntansi berwawasan teknologi dan informasidengan skala luaran pengabdian tingkat Regional, Nasional danInternasional.
  4. Tahun 2029 s/d 2033: Menghasilkan pengabdian sesuai dengan topikimplikasi sumber daya profesi akuntan dimasa yang akan datang denganskala luaran tingkat Regional, Nasional dan Internasional.


STAFF PENGAJAR
Jumlah Dosen Program Studi Akuntansi Sebanyak 51 Orang.

  • 6 Orang dosen lulusan S3.
  • 40 Orang dosen lulusan S2.
  • 5 Orang Dosen Sedang Kuliah S3.


KONSENTRASI DAN GELAR KELULUSAN

Konsentrasi Prodi Akuntansi

  1. Akuntansi Sektor Bisnis
  2. Akuntansi Sektor Publik


Gelar Kelulusan

  • Sarjana Ekonomi (SE)


PROFIL LULUSAN
Menghasilkan lulusan yang mampu menyiapkan dan menganalisis serta mengaudit informasi keuangan sektor Bisnis, Publik dan Syariah.
CLUSTER I

  • (Akademisi dan Peneliti): Menghasilkan Akademisi dan Peneliti (Dosen, peneliti di bidang ilmu akuntansi bisnis, akuntansi sektor publik, dan akuntansi syariah pada Asosisasi/Lembaga Profesional seperti KAP, IAI, dan perusahaan-perusahaan keuangan, serta asosiasi akuntansi lainnya)


CLUSTER II

  • (Profesional):Menghasilkan Praktisi bidang Akuntansi (Akuntan, Auditor, Analis Sistem Informasi Akuntansi dan Enterprenuer Jasa Akuntansi dan Pajak)


CLUSTER III

  • (Operator/Teknisi):Mampu menyusun dan menyiapkan laporan keuangan akuntansi sektor bisnis, pemerintahan dan syariah.


KEGIATAN EKSTRA KULIKULER DAN INTRA KULIKULER

Aktivitas minat dan bakat (ekstrakurikuler mahasiswa) dapat digolongkan kedalam 3 (tiga) aktivitas yaitutingkat Universitas, Fakultas dan Program Studi.
1. Tingkat Universitas
a. Pelaksanaan: Untuk minat dan bakat (ekstrakurikuler mahasiswa) di UNPAB dikoordinasi oleh Biro Kemahasiswaa yang tergabung kedalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Saat ini terdapat lebih kurang 7 (tujuh) UKM antara lain:

  1. Korps Mahasiswa Pecinta Alam (KOMAPAL)
  2. Club Baca Bahasa Inggris,
  3. UKM Seni,
  4. UKM Kerohaninaan,
  5. Paduan Suara,
  6. UKM Olah Raga dan
  7. UKM Kewirausahaan.
  8. Kegiatan internal yang diikuti oleh UKM biasanya kegiatan yang bersifat rutin seperti Latihan Dasar Kepempimpinan, Pentas Seni, Pekan Olah Raga, Peringatan Hari Besar Agama, Bimbingan Konseling Bisnis dan Debat Bahasa Inggris.
  9. Untuk kegiatan eksternal masih terbagi kepada 3 skala, yaitu Lokal, Regional dan Nasional walaupun tidak menutup kemungkinan mengikuti kedalam skala internasional.

b. Hasil: Terdapat 20 orang mahasiswa akuntansi yang tergabung didalam aktivitas minat dan bakat tingkat universitas, dengan rincian 3 orang KOMAPAL, 4 orang UKM Seni, 4 orang paduan suara, 2 orang club baca bahasa inggris dan 7 orang UKM Olah Raga.

2. Tingkat Fakultas
a.Pelaksanaan: Untuk minta dan bakat (ekstrakurikuler mahasiswa) di Fakultas tergabung kedalam:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  2. Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UNPAB. Aktivitas BEM FEB lebih bersifat non akademik seperti Bakti Sosial, Sumbangan Sosial/ Kemanusiaan dan Pelatihan Organisasi.

b.Hasil: terdapat 5 orang mahasiswa akuntansi tergabung didalam minat dan bakat mahasiswa tingkat fakultas dengan rincian 5 orang angota BEM FEB.


3.Tingkat Program Studi:
a.Pelaksanaan: Untuk minta dan bakat (ekstrakurikuler mahasiswa) di Program Studi tergabung kedalam:

  1. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA). Aktivitas HMA lebih bersifat akademik seperti Inagurasi Mahasiswa Baru, Sosialisasi Akademik, Klub Belajar dan Pendampingan Dosen pada saat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

b.Hasil: terdapat 50 mahasiswa akuntansi yang tergabung didalam Anggota Himpunan Mahasiswa Akuntansi.

HIMPUNAN MAHASISWA PRODI
    Himpunan Mahasiswa Akuntansi

KEGIATAN HIMPUNAN MAHASISWA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI

1.Melaksanakan kegiatan Inagurasi Mahasiswa Baru rutin setiap tahun di Desa Binaan kota Tanjung Balai.
2.Melaksanakan kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan (LDK) untuk Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) bertempat di Glugur Rimbun.
3.Melaksanakan rapat rutin HMA dalam hal pembahasan program kerja, pelaksanaan seminar dan setiap kegiatan perlombaan akuntansi.
4.HMA membentuk wadah kelompok belajar diluar kelas seperti Kelompok Belajar Akuntansi dan Engslih Club.

KEGIATAN DOSEN DAN MAHASISWA
Interaksi Akademik Antar Dosen:

  1. Melaksanakan Gathering Dosen secara rutin disetiap tahunya.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat secaraberkelompok dilokasi Desa Binaan kota Tanjung Balai.
  3. Melaksanakan kegiatan promosi berbasis pengadian masyarakatdisekolah SMA 1 Sunggal, SMK 1 Binjai, SMK 1 Medan dan SMK 8Muhammadiyah Medan diwilayah kota Medan, Binjai dan Deli Serdang.
  4. Mengikuti kegiatan seminar call paper baik tingkat lokal, nasional daninternasional secara bersama-sama.
  5. Melaksanakan aksi Peradaban Bersih (Budapsih) pada saat acaraInagurasi Mahasiswa Baru dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA)ditahun 2015 dan 2016 bertempat di desa binaan program studi akuntansiyaitu kelurahan pantai johor, tanjung balai.


Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Melaksanakan pelatihan ekonomi kreatif dalam membuat produk bernilai jualantara lain:
Telur Asin Rasa, Sabun Cair Cuci Piring dan Sabun PembersihLantai ditahun 2016 dan 2017 yang dilaksanakan oleh Himpunan MahasiswaAkuntansi (HMA) pada Rumah Baca Bakau Percut Sei Tuan – Deli Serdang.

Kegiatan Penanggulangan Masalah Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya DanLingkungan Lainnya:

  1. Mahasiswa sebanyak 4 (empat ) orang mengikuti dialog interaktif tentangPolemik Sumut dengan tema Gedung Pencakar Langit di Kota Medanbertempat di Hotel Karabia Boutiqe ditahun 2018.
  2. Sebanyak 100 orang mahasiswa akuntansi ikut dalam aksi menolakradikalisme bertempat di Stadion Teladan Medan ditahun 2018.



PRESTASI
Prestasi Mahsiswa:

  1. Rahmansyah Habu (Juara 1 Lomba debat Gebyar insan Cita UINSU tingkat Regional + Best Speaker)
  2. Rahmansyah Habu (Juara 1 Lomba Debat perpajakan UNPAB)

Prestasi Dosen:

  1. Anggi Pratama Nasution, SE., M.Si (Pemenang Penelitian  Disentralisasi Dikti Tahun 2019)
  2. Fitri Yani Panggabean (Pemenang PKM Dikti Tahun 2018)  
  3. Handriyani Dwilita (Pemenang PKM Hibah Dikti 2017)


KERJASAMA LUAR NEGERI

  1. School of Housing, Building and Planing
  2. Universiti Malayasia Perlis (UNIMAP)
  3. Daffodil International University
  4. Our Lady of Fatima University
  5. Northem University Bangladesh
  6. International Languange Program (ILP)
  7. Universiti Sains Malaysia (USM)
  8. California State University, Long Beach
  9. Study California
  10. University Sultan Zainal Abidin (UNISZA)
  11. The California State University Systmen
  12. Humboldt State Univeristy
  13. The university of Kitakyushu
  14. Sun Moon University
  15. Livingstone International University of Tourism Excellence and Business Management (LIUTEBM), Zambia
  16. IUWASH-USAID


KERJASAMA DALAM NEGERI

  1. PT. Target Konsulting Group (2014-2018)
  2. PT. Mitsubishi Elektrik (2016-2019)
  3. Kamar Dagang dan Industri Medan Sumut (2015-2018)
  4. Ikatan Akuntan IndonesiaKompartemenAkuntan Pendidik Wilayah Sumut (2016-2018)
  5. Kantor Akuntani Erzito dan Rekan (2016-2018)
  6. Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai (2016-2018)
  7. PT. Pelindo Cabang Medan (2016-2018)
  8. Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir (2017-2019)
  9. Dinas perdagangan, perindustrian & koperasi usahakecil dan menengah KabupatenSamosir (2017-2019)
  10. Kelurahan PantaiJohor KotaTanjung Balai (2016-2018)
  11. SMK Taman Siswa Binjai (2015-2018)
  12. SMK Satria Binjai (2015-2018)
  13. SMK Negeri 1 Medan (2015-2018)
  14. SMK Negeri 1 Binjai (2015-2018)
  15. SMK Panca Abdi Bangsa Binjai (2015-2018)
  16. SMK Rahmat Islamiyah Medan (2015-2018)
  17. SMA Negeri 1 Sunggal (2015-2018)
  18. SMK Muhammdiyah 8 Medan (2015-2018)
  19. SMA Jaya Krama Lubuk Pakam (2015-2018)
  20. SMK Jaya Krama Lubuk Pakam (2015-2018)
  21. SMA Negeri 1 Hamparan Perak (2015-2018)


PENGABDIAN MASYARAKAT

  1. Seminar Entreprenuership Pada SMA Negeri 1 Sunggal (2014)
  2. Seminar Entreprenuership Pada SMA Negeri 1 Hamparan Perak (2014)
  3. Seminar Kepribadian Menjadi Remaja Cerdas Pada SMK Negeri 1 Binjai (2014)
  4. Seminar Kepribadian Menjadi Remaja Cerdas dan Bebas Narkoba Pada SMK Negeri 1 Medan (2015)
  5. Seminar Entreprenuership Pada SMK Negeri 1 Binjai (2016)


PENELITIAN

  1. TOT Meningkatkan Sumber Daya Manusia Dalam Mendaur Ulang Botol Bekas Menjadi Hiasan Di Kelurahan Dwikora Lingkungan X Medan (2015)
  2. Pengaruh Harga Jual,Kualitas dan Minat Masyarakat Terhadap Penjualan Tas Daur Ulang Di Kecamatan Medan Helvetia (2014)
  3. Dampak Pengetahuan Pajak dan Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus: KPP Pratama Binjai) (2016)



IKATAN ALUMNI PROGRAM STUDI AKUNTANSI
Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni. Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.Dalam perkembangannya setiap lulusan dari program studi secara otomatis masuk kedalam organisasai ikatan alumni Fakultas Ekonomi & Bisnis (IKA FEB–UNPAB). Selanjutnya seluruh informasi–informasi dari seluruh alumni dapat dilihat melalui jejaring media sosial seperti facebook yaitu dilaman:

  1. Facebook Link: (https://www.facebook.com/groups/180248012025310/members/)
  2. Instagram Link: (https://www.instagram.com/alumni_akuntansi_unpab/).  


1.Aktivitas Akademik

  1. Sumbangan Dana
    Memberikan bantuan pendanaan kepada program studi akuntansi dalam bentuk bantuan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa. Adapun jumlah pendanaan sampai saat ini yang telah masuk selama 3 tahun terakhir berjumlah Rp. 8.250.000,-
  2. Sumbangan Fasilitas
    Memberikan sumbangan buku ajar kepada perpustakaan yang telah berjumlah 314 Buku Ajar.
  3. Keterlibatan Dalam Kegiatan Akademik
    Diundang sebagai narasumber dalam memberikan seminar kepada mahasiswa akuntansi sesuai dengan kompetensinya
  4. Memberikan informasi dan pengalaman karir sebagai motivasi kepada HimpunanMahasiswa Akuntansi (HMA) dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan.
    Memberikan informasi tentang perkembangan kompetensi keilmuan akuntansi yang saat ini dibutuhkan oleh dunia kerja kepada program studi dalam mengembangkan kurikulum dalam bentuk aktivitas diskusi akademik dengan HMA.
  5. Pengembangan Jejaring
    Mengadakan kerjasama antar lembaga sebagai tempat mahasiswa semester 7 (tujuh) melaksanakan praktik magang seperti: PT. Mistubishi Elektrik, Bank BRI dan KAP Erzito & rekan.
  6. Penyedian fasilitas
    Mendapatkan fasilitas tempat berupa kamar 2 buah, kamar mandi, mushola, aula, ruang makan dan peralatan makan dan peralatan infocus untuk kegiatan diskusi ilmiah dan latihan kepemimpinan dasar (LDK) dengan mahasiswa akuntansi di Glugur Rimbun ditahun 2017.


2.Aktivitas Non Akademik

  1. Sumbangan Dana
    Memberikan bantuan pendanaan secara rutin dalam bentuk sumbangan alumni untuk kegiatan eksternal seperti Buka Puasa Bersama anak yatim pada Panti Asuhan Darul Hamid As-Salam Kota Binjai. Adapun sampai saat ini jumlah dana yang pernah masuk selama 3 tahun terakhir berjumlah Rp. 6.750.000,-
  2. Sumbangan Fasilitas
    Memberikan sumbangan fasilitas berupa: bantuan sarana dan prasarana oleh setiap lulusan perstambuk dengan jumlah yang telah ada yaitu 1 (satu) unit Komputer, 2 (dua) unit Printer, 1 (satu) ambal, 1 (satu) whiteboard dan 1 (satu) buah infocus.
    Memberikan bantuan bekas layak pakai kepada anak yatim Panti Asuhan Darul Hamid As-Salam Kota Binjai yang dilaksanakan secara rutin dibulan ramadhan.
  3. Keterlibatan Dalam Kegiatan Non Akademik
    Bapak Bagus Handoko, S.E., M.Si menjadi penceramah agama pada kegiatan buka bersama antara Mahasiswa dan Dosen Akuntansi UNPAB dengan anak panti asuhan di Darul Hamid As-Salam Kota Binjai pada bulan ramadhan tahun 2016 dan tahun 2017.
  4. Pengembangan Jejaring
    Mengadakan kerjasama dengan Desa Binaan Kelurahan Pantai Johor, Kota Tanjung Balai sebagai tempat program PANDAPSIH (Peradaban Bersih) pada tahun 2016 dan 2017.
  5. Penyedian fasilitas
    Bapak Anggi Pratama Nst, S.E., M.Si memberikan bantuan sarana perlengkapan yaitu 1 set sound system dan teratak pada kegiatan buka bersama antara Mahasiswa dan Dosen Akuntansi UNPAB dengan anak panti asuhan di Darul Hamid As-Salam Kota Binjai pada bulan ramadhan tahun 2016 dan tahun 2017


SARANA PELAYANAN UNTUK MAHASISWA

  1. Ruang Kelas Perkuliahan
  2. Ruang Dekan dan Program Studi
  3. Ruang Kerja dosen
  4. Ruang Konsultasi Akademik
  5. Ruang Baca Perpustakaan UNPAB
  6. Ruang Pelayanan Administrasi Akademik
  7. Ruang Laboratorium Praktikum Akuntansi
  8. Ruang Seminar Proposal. i. Ruang Sidang Skripsi
  9. Portal Dosen dan Portal Mahasiswa
  10. Media E-learning di http://elsis.pancabudi.ac.id/
  11. Media Digital Libary UNPAB di https://library.pancabudi.ac.id/
  12. Media Portal akademik Dosen di https://dosen.pancabudi.ac.id
  13. Media Portal akademik mahasiswa di https://mahasiswa.pancabudi.ac.id/
  14. Ruang kerja Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA)
  15. Gelanggang olah raga Mahabento yang sering digunakan untuk kegiatan diskusi akademik
  16. Fasilitas Kantin Lazis Centro yang dapat digunakan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah
  17. Masjid Darul Amin dan Mushola Az-Zuhdi
  18. ATM Center
  19. Lokasi Parkir Kendaraan Motor dan Mobil di Gedung A, Gedung C dan Gedung E
  20. Tersediannya Kursi belajar, meja belajar, kursi dosen dan meja dosen disetiap proses perkuliahan
  21. Tersedianya LCD Proyektor disetiap ruang kelas
  22. Tersedianya AC (Air Conditioner) disetiap ruang kelas
  23. Tersedianya Papan White Board disetiap ruang kelas
  24. Tersedianya fasilitas wifi yang berada diseluruh areal kampus
  25. Tersediannya alat tulis menulis didalam ruang kelas seperti


STUDIO/ LABORATORIUM

  1. Laboratorium Komputer Akuntansi
  2. Laboratorium Audit
  3. Laboratorium Komputer


BEASISWA

  1. Beasiswa Ranking Umum
  2. Beasiswa Rangking Kelas
  3. Beasiswa Prestasi dan Minat Bakat
  4. Beasiswa Pilihan Prodi
  5. Beasiswa Kurang Mampu
  6. Beasiswa Difabel
  7. Beasiswa Desa Binaan UNPAB
  8. Beasiswa Tahfidz Qur’an
  9. Beasiswa KIP Kuliah