Programstudi Pendidikan Agama Islam

Sejarah Programstudi Pendidikan Agama Islam

Fakultas Agama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi yang disingkat UNPAB, berada di bawah naungan Yayasan Prof.DR.H.Kadirun Yahya yang berdiri sejak tanggal 1984 dan terdaftar pada Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Jakarta pada tanggal 24 April 1986 dengan Surat Keputusan nomor 070/IV/TAS/SU/86.

Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, Fakultas Agama Islam membuka satu program studi yaitu Pendidikan Agama Islam yang pada tanggal 24 April 1986 mendapat status TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 070/IV/TAS/SU/86. Peningkatan izin penyelenggaraan dengan status Terdaftar diperoleh dengan SK Menteri Agama RI No. 88 tahun 1990 tanggal 28 Mei 1990, dan status Diakui untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) diperoleh pada tahun 1997 dengan SK Dirjen Binbaga Islam Departemen Agama RI No. E/66/97 tanggal 23 Mei 1997.

Kemudian pada tahun 2003 diadakan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Re-Akreditasi pada tahun 2009 mendapat nilai "B" dengan SK Nomor: 001/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2009 tanggal 14 Maret 2009. Adapun perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam telah dilaksanakan pada tahun 2005 dengan SK Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor: Dj.II/214/2005 tanggal 25 Juli 2005.

Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI nomor 001/BAN-PT/AK-XII/S1/III/2009 tanggal 14 Maret 2009.

Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 293/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014, tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi Medan tanggal 23 Agustus 2014.

Dalam perkembangan akademis, Fakultas Agama Islam UNPAB, diasuh oleh para staf pengajar senior dan junior dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Univesitas Islam Baghdad Irak, Universitas Darul Ulum Makkah, Universitas KDI Libya, Universiti Kerajaan Malaya, Harvard University, UIN Sumatera Utara, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, IAIN Alauddin Ujung Pandang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Tri Sakti, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Medan Area, UNIDA Gontor, para praktisi serta alumni Fakultas Agama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi sendiri dan hingga saat ini Fakultas Agama Islam telah menghasilkan Sarjana Agama Islam sebanyak 1000-an orang. Fakultas Agama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi hanya terdiri dari satu Program Studi saja yaitu Pendidikan Agama Islam.


Visi Programstudi

Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam yaitu menjadi program studi yang terkemuka menghasilkan lulusan berakhlak mulia sebagai pendidik, di bidang Pendidikan Agama Islam yang berkompeten di tingkat Nasional Tahun 2025.

Pernyataan visi Program Studi Pendidikan Agama Islam menggambarkan situasi dan kondisi mahasiswa, dan masyarakat pada tahun 2025. Dengan adanya visi Program Studi Agama Islam memberikan penawaran terhadap seluruh mahasiswa dan keadaan di masyarakat yaitu: berakhlak mulia, kompeten dalam bidang kependidikan, dan kemaslahatan umat.

Misi Programstudi

Dari Pemaparan visi Program Studi Pendidikan Agama Islam di atas akan melahirkan misi di antaranya:

  1. Menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar
  2. Melaksanakan kegiatan akademik di dalam maupun di luar kampus seperti diskusi ilmiah, seminar, workshop dan pelatihan.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran melalui metode Student Centered Learning (SCL), dan ELearning.
  4. Menyelenggarakan penelitian bidang pendididikan Islam yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan dengan menanamkan nilai-nilai religius
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan, program desa mengaji demi kemaslahatan ummat.
  6. Membangun kerja sama dengan instansi pemerintahan dan Lembaga Pendidikan yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan, kemandirian, peningkatan profesi sebagai tenaga pendidik baik dalam maupun luar negeri.
  7. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi oleh iman dan takwa.


Tujuan
Programstudi
Tujuan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam ini didasarkan pada visi dan misi di atas, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, kompeten dalam bidang praktisi pendidikan dan tenaga pendidik yang memiliki nilai dalam kependidikan Agama Islam yang menguasai strategi, metode dan teknologi pembelajaran.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menciptakan konsep (kurikulum), mengembangkan dan menyebarluaskan nilai-nilai Pendidikan Islam, baik dalam lembaga Pendidikan dan masyarakat luas.
  3. Menghasilkan lulusan yang handal dalam melakukan penelitian tingkat nasional ataupun ASEAN yang dapat dijadikan sebagai rujukan lembaga-lembaga Pendidikan agama Islam.
  4. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang mampu mengubah pola pikir dan juga tingkah laku dalam memahami nilai-nilai Islam pada tingkat ASEAN.


Staf Pengajar
Dosen tetap Program Studi Pendidikan Agama Islam terdiri dari 17 Dosen:
13 orang berpendidikan Magister, dan 4 orang berpendidikan Doktor, dengan beragam latar belakang bidang ilmu terkait Komputer

Profil Lulusan

Adapun Profil lulusan Pendidikan Agama Islam adalah :

  1. Menjadi Guru Agama Islam pada jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA
  2. Menjadi Guru bidang studi Agama (Fiqih, Aqidah Akhlak, Qur'an Hadis, SKI pada sekolah Madrasah Menjadi peneliti Muda
  3. Motivator dalam Bidang Pendidikan Agama Islam.

Kelompok Minat Dan Bakat

  1. Pembinaan minat bakat bidang MTQ, dilaksanakan setiap 2 kali dalam seminggu pada hari Selasa dan Kamis di ruangan H. 301 pukul 14.00-16.00 WIB
  2. Pelahan shalawat dan nasyid, dilaksanakan seap hari Senin dan Rabu di ruangan H. 301 pukul 14.00-16.00 WIB
  3. Lahan futsal, dilaksanakan setiap Jumat dan Sabtu pada pukul 16.00-18.00 WIB di lapangan sepak bola UNPAB.
  4. Lahan bola volly, dilaksanakan pada hari Sabtu pada pukul 16.00-18.00 WIB di lapangan Volly UNPAB.

Kegiatan Himpunan

  1. Mengadakan Perlombaan MTQ Se-kota Medan Tingkat SLTA/MA 2017.
  2. Selanjutnya,”Fakultas Agama Islam juga melakuakan beberapa kegiatan disamping pembelajaran adalah penelitian dan pengabdian”, tambahnya.
  3. Kegiatan Extra kulikuler dan Intrakurikuler
  4. Pembinaan minat bakat bidang MTQ, dilaksanakan setiap 2 kali dalam seminggu pada hari Selasa dan Kamis di ruangan H. 301 pukul 14.00-16.00 WIB
  5. Pelatihan shalawat dan nasyid, dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu di ruangan H.301 pukul 14.00-16.00 WIB
  6. Latihan futsal, dilaksanakan setiap Jumat dan Sabtu pada pukul 16.00-18.00 WIB di lapangan sepak bola UNPAB.
  7. Latihan bola volly, dilaksanakan pada hari Sabtu pada pukul 16.00-18.00 WIB di lapangan Volly UNPAB.

 

Kerja sama perguruan tinggi dalam negeri

  1. IAIN Sumatera Utara meliputi kerja sama dalam bidang Layanan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat
  2. UNIMED meliputi kerja sama dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya
  3. Program Studi Pendidikan Agama Islam melakukan kerja sama serta membuat Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan beberapa sekolah, antara lain: SMP Panca Budi Perdagangan, Pondok Pesantren Darul Hikmah Asahan, Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Madrasah Aliyah Teladan
  4. Ujung Kubu, Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu, Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ulumul Qur'an Stabat, Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darul Arafah, Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Nurul Hakim, dan Yayasan Miftahul Binaul Iman. Hasil kerja sama dari beberapa sekolah tersebut berupa penjaringan mahasiswa baru yang dikemas dalam penyuluhan oleh dosen dalam kegiatan penjaringan mahasiswa baru yang materinya berkaitan dengan menata impian, dan mempersiapkan diri sebagai generasi pemuda milenial.


Kegiatan Pengabdian Masyarakat

  • 2015, Pembinaan Keagamaan Pada Perwiritan Yasin Malam Sabtu di Lingkungan 15 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan Mandiri
  • 2015, Sosialisasi Pemotongan Ayam Secara Halal di Pajak Simalingkar Kecamatan Medan Tuntungan Mandiri
  • 2015, Pelatihan Pengurusan Jenazah terhadap Santri di Pondok Pesantren Nurul Hakim Deli Serdang Mandiri
  • 2015, Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Semester Ganjil Universitas Pembangunan
  • 2015, Pembinaan Moral dalam Membentuk Karakter Remaja di Kelurahan Mangga Lingkungan II Kecamatan Medan TuntunganMandiri
  • 2015, Peran Dosen Agama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dalam Pembinaan Mental Keagamaan di Rumah Sakit Rehabilitas Bina Karsa Lingkungan 7 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Tuntungan Mandiri
  • 2015, Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Siswa Kelas XI SMA Asy-Syafi'iyah Mandiri
  • 2015, Implementasi Strategi Pembelajaran ActiveDebate pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam
  • untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Amik Medikom medan    UNPAB
  • 2015, Pendidikan dan Latihan Penelitian Tindakan kelas Guru-guru di Kabupaten Deli Serdang UNPAB
  • 2015, Penyuluhan Guru Profesional Mendongkrak Siswa Unggul di MTs Al-Azhar Sunggal Medan
  • 2015, Penyuluhan Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja di Lingkungan Guru Sekolah Dasar Panca Budi Medan UNPAB
  • 2015, Pelatihan Fardu Kifayah Pada Remaja Mesjid Al Mukhlisin Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Medan Helvetia UNPAB
  • 2015, Penyuluhan Agama Kepada Pengurus dan Anggota BKPRMI Kota Medan Tentang Implementasi dan Pengaruh kafah Terhadap Pencapaian keharmonisan Keluarga UNPAB
  • 2015, Pelatihan Baca Tulis Al-Quran Remaja Masjid Klambir V Percut Sei Tuan UNPAB
  • 2015, Sosialisasi Kurikulum 2013 Revisi di SMA Panca Budi MedanUNPAB
  • 2015, Pelatihan Menulis Artikel bagi Guru di MIN Medan Tembung UNPAB
  • 2015, Pelatihan Penggunaan Strategi Pembelajaran Accelerated Learning bagi Guru di MIN Barat UNPAB
  • 2016, Pelaksanaan Tajhizul Mait pada Pengajian Muhajirin Kelurahan Simpang Selayang Medan TuntunganMandiri
  • 2016, Penyuluhan Strategi Pengawasan Orang tua Terhadap Dampak Negatif Smartpon Bagi Anak di Komplek Prundam Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang, Mandiri
  • 2016, Pola Pembinaan Keagamaan dalam Menangkal Kenakalan Remaja di Remaja Mesjid Aslamiyah Lingkungan 7 Kelurahan Simpang Selayang Medan Tuntungan Mandiri
  • 2016, Pembrantasan Buta Aksara Al-Quran dengan Metode Cepat Baca Al-Hira Pada Pengajian Ibu-Ibu BKMT Kelurahan Bangun Mulia Amplas Kota Medan Mandiri
  • 2016, Pembinaan BKM dalam Pemotongan Hewan Kurban di Mesjid Aslamiyah Lingkungan 7 Kelurahan
  • 2016 Pelatihan Guru Manajemen Kelas Berbasis IPTEK dan IMPTAQ Miftahul Binahul Imam di Karang Rejo Simalungun UNPAB
  • 2016, Pelatihan Penggunaan Media Audio Visual bagi Guru PAI di MIN Sei Agul UNPAB
  • 2016, Pelatihan Menulis Artikel bagi Guru di Nurul Hidayah Rawa CangkukUNPAB
  • 2016, Pola Pembinaan Keagamaan dalam Menangkal Faham Radikalisme Pada Remaja Mesjid Al Mukhlisin Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Medan Helvetia, UNPAB
  • 2016, Persepsi Siswa tentang Kondisi Kelas dan Hubungannya dengan Minat Belajar di MTsN 3 Medan
  • 2016, Pelatihan Imam dan Khatib Jumat dengan Metode Demonstrasi kepada Pengurus dan Anggota Ikatan Remaja Masjid (IRM) DI Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli SerdangUNPAB
  • 2016, Dualisme Pengelolaan Zakat di Indonesia ( Analisis Pandangan Ulama dan Tokoh Islam tentang Formulasi Lembaga Amil Zakat dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011) UNPAB
  • 2016, Pelatihan Guru Membentuk Budaya Lingkungan Sekolah yang Religi di Binahul Iman Karang Rejo Simalungun UNPAB
  • 2016, Pelatihan Kurikulum 2013 Terhadap Guru Agama Islam di Yayasan Perguruan Asy-Syafi'iyah Medan UNPAB
  • 2016, Penyuluhan Strategi Pengawasan Orang tua Terhadap Pergaulan Anak di Lingkungan I Kelurahan
  • 2016, Pelatihan Strategi Menghapal AL-Quran Pada Anak di SD As-Syafi'iyah Medan UNPAB
  • 2016, Penyuluhan Tentang Pentingnya Komunikasi Edukatif Antara Orang Tua dan Anak Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Sumber Melati Kecamatan Sunggal Deli Serdang UNPAB
  • 2016, Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan Dalam Perspektif Komunikasi di Simalungun UNPAB
  • 2017, Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pentingnya Pencatatan Pernikahan dan Tertib Administrasi Kependudukan melalui Metode SidangTerpadu di Kecamatan Batang Serangan Dikti
  • 2017, Implementasi Pemahaman Halal pada Masyarakat Laugumba Mandiri
  • 2017, Penyuluhan Tentang Penggunaan Internet Sehat Bagi Pelajar pada Madrasah Aliyah Swasta PAB
  • 2017, Pembinaan Baca Al-Quran dengan Metode Al-Hira pada Anak-anak di Lingkungan 15 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan TuntunganMandiri
  • 2017, Pelatihan khatib Jumat bagi Remaja Masjid di Kecamatan Padang Sidimpuan Hutaimbaru Mandiri
  • 2017, Penyuluhan Budaya Peradaban Bersih dalam Aplikatif Pendidikan Akhlak di SMP Panca Budi Medan Mandiri
  • 2017, Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Semester Ganjil Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Mandiri
  • 2017, Pelatihan Strategi Mauizoh Bagi Guru di Pondok Pesantren modern Darul Ulum Al-Muhaijirin
  • 2017, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di Bimbingan Belajar Al-Husnah Kota Padang Sidempuan Mandiri
  • 2017, Penyuluhan Dampak Negatif Smartpon Terhadap Anak Usia Dini di Desa Bandar Khalifah, Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang UNPAB
  • 2017, Hubungan Akhlak Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Panca Budi Medan UNPAB
  • 2017, Training Motivasi 5 Rahasia Sukses Orang-orang Hebat bagi Siswa di SMA Ma'had Muhammad Saman UNPAB
  • 2017, Pelatihan Strategi Mauizohbagi orangtua di Klambir V Kebun Kec. Hamparan Perak UNPAB
  • 2017, Penyuluhan Tentang Trauma Healing dan Bantuan pada Pengungsi Gempa di Pidie Jaya Aceh
  • 2017, Pelatihan Profil Guru yang Efektif Mendidik Siswa SD Negeri 106153 Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang UNPAB
  • 2017, Pelatihan Mendongkrak Prestasi Belajar Siswa yang Kreatif SMP Swasta PAB 9 di Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli SerdangUNPAB
  • 2017, Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA
  • 2017, Training Motivasi Membaca Cepat dan Cermat bagi Siswa di MTsN 2 Medan UNPAB
  • 2017, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Selesai UNPAB
  • 2017, Penyuluhan Efektifitas Penggunaan Metode Aba Ta Tsa dan Iqra' dalm Pembelajaran Al-Quran diMI Al-Arafah Klambir V Kec. Hamparan Perak UNPAB


Penelitian


1    2015    Pelaksanaan Pembagian Waris Pada    Mandiri    3.5
         Masyarakat Muslim Percut Sei Tuan       
               
2    2015    Implementasi Dan Pengaruh Kaf'ah    Mandiri    2,5
        Terhadap Keharmonisan Keluarga       
        (Studi Kasus Di Kota Medan)       
               
3    2015    Implementasi Strategi Pembelajaran    Mandiri    2,5
        Active Debate pada Matakuliah       
        Pendidikan Agama Islam untuk       
               
4    2015    Penyuluhan Agama Kepada Pengurus    Mandiri    3.5
        dan Anggota BKPRMI Kota Medan       
        Tentang Implementasi dan Pengaruh       
               
5    2015    Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap    Mandiri    2,5
        Anaknya Dalam Menanggulangi       
        Kenakalan Remaja di Desa Sumber       
        Melati Kecamatan Sunggal Kabupaten       
               

Prestasi Mahasiswa

No    Nama Kegiatan dan Waktu    Tingkat (Lokal, Regional, Nasional,    Prestasi yang
    Penyelenggaraan    atau Internasional)    Dicapai
           
1    Pekan Olah raga dan Seni, 21 s/d 27    Regional Juara II
    Maret 2015       
           
2    Pekan Olah Raga Mahasiswa Sumatera    Regional    Juara III
    Utara (POMSU), 22 s/d 26 Agustus       
           
3    Debate Competition, 21 s/d 22    Regional    Harapan II
    November 2016       
           

4    National Debate Competetion Uread    Nasional    Juara XVIII
    National Competition       
    (UNC), 16 Sepetember 2016       
           
5    Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX    Nasional    Juara III
    Jawa Barat, 29 September 2016       
           

Himpunan Alumni
Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Universitas Pembangunan Panca Budi Nomor: 102/03/D/FAI/2016 telah terbentuk Himpunan alumni Program Studi Pendidikan Agama Islam yang bernama Ikatan Alumni Pendidikan Agama Islam (IKAPAI) di mana masa kepengurusan selam 5 tahun.

Prasarana
Prasarana yang digunakan akademik

  1. Ruang kerja untuk dosen
  2. Ruang kerja tenaga pendidik
  3. Ruang seminar
  4. Ruang sidang tugas akhir
  5. Laboratorium komputer
  6. Ruang e-learning
  7. Ruang diskusi
  8. Radio UNPAB
  9. Kantin
  10. Ruang pertemuan dosen dan mahasiswa
  11. Ruang kuliah bersama
  12. Mushollah
  13. Perpustakaan
  14. Gelanggang mahasiswa bersama tokoh (Mahabento)
  15. Pendopo


Studio/Laboratorium

  1. Laboratorium computer
  2. Laboratorium Bahasa
  3. Laboratorium micro teaching


Beasiswa

  • Beasiswa Ranking Umum
  • Beasiswa Rangking Kelas
  • Beasiswa Prestasi dan Minat Bakat
  • Beasiswa Pilihan Prodi
  • Beasiswa Kurang Mampu
  • Beasiswa Difabel
  • Beasiswa Desa Binaan UNPAB
  • Beasiswa Tahfidz Qur'an