Programstudi Ilmu Hukum

SEJARAH PROGRAM STUDI ILMU HUKUM
Program Studi Ilmu Hukum setelah beberapa kali memperoleh SK perubahan dari pemerintah, akhirnya hal yang sangat menggembirakan adalah diterimanya Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 001/BAN-PT/AK-VIII/I/1998 Tanggal 11 Agustus 1998 dengan nilai C, selanjutnya diakreditasi kembali oleh BAN PT dengan Nomor: 001/BAN-PT/AK-VIII/I/2005 Tertanggal28 Januari 2005 dengan nilai Akreditasi B, dan selanjutnya diakreditasi kembali oleh BAN PT dengan Nomor : 023/BAN-PT/Ak-XIII/X/2010 Tertanggal 29 Oktober 2010 dengan nilai Akreditasi C. Pada Tahun 2013 berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 091/SK/BAN-PT /Ak-XV/S/II/2013 bahwa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan terakreditasi B.
Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi berdiri sejak 19 Juni 1964 berdasarkan SK Ka.BiroPerguruanTinggi Swasta Nomor 85/B.S/T/P/6.4dengan status terdaftar.Pada tanggal 22 Januari1981melaluiSKMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 018/0/1981 status terdaftar dirubah menjadi masa percobaan terdaftar.

Pada tanggal 22 Januari 1984 melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0608/0/1984 status sebelumnya ditetapkan menjadi masa diakui. Pada 28 Februari 1985 melaluiSKKepalaBagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undanganDepartemen Pendidikan dan Kebudayaan status ditetapkan kembali sebagai status diakui.Pada 19 Mei 1986 melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0377/0/1986 Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNPAB memperoleh status diakui secara penuh. Pada tanggal 11 Juni 1990 melalui SK Sekretaris Jenderal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0392/0/1990 diperoleh status disamakan.
Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum memiliki akreditasi “B” dengan SK Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Nomor 091/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 tanggal 21 Februari 2013, dinyatakan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan terakreditasi.

Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan beralamat di Jalan JenderalGatotSubroto KM 4,5 Medan, 20122 Sumatera Utara, dengan luas lokasi 5,5 Ha. Lokasi ini sangat strategis karena bertepatan dengan jalan lintas Medan – Aceh.Berada di Simpang Empat Sei Sikambing B dan memiliki akses langsung ke Binjai, Stabat, Pangkalan Berandan dan sekitarnya.

VISI PROGRAM STUDI ILMU HUKUM
Visi Program Stud iIlmu Hukum UNPAB Menghasilkan lulusan yang religius dan berkompetensi di bidang peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan Hukum Tata Negara.

MISI PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

  1. Melaksanakan proses pembelajaran ilmu hukum peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan HukumTata Negara yang disesuaikan dengan KKNI  2015 berbasis nilai religius.
  2. Melaksanakan penelitian peminatan HukumPerdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan HukumTata Negara yang mampu meningkatkan kompetens lulusan dengan memperhatikan nilai-nilai religius.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat agar menciptakan kesadaran hukum dalam bentuk penyuluhan hukum, bantuan hukum, Pos bantuan hukum (Posbakum) yang mampu membantu memecahkan permasalahan hukum di bidang peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan Hukum Tata Negara dengan nilai-nilai religius.


TUJUAN PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam penguasaan teori dan praktik di bidang peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan Hukum Tata Negara.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berfikir logis dan sistematis dalam menghadapi permasalahan peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan Hukum Tata Negara di masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang religius dan mampu melaksanakan tugas dalam mengabdi ilmunya dibidang peminatan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara dan Hukum Tata Negara.



STAFF PENGAJAR
Jumlah Dosen Prodi Ilmu Hukum Sebanyak 78 Orang Dosen

  • 10 Dosen Bependidikan S3
  • 38 Dosen Berpendidikan S2
  • 13 Dosen Sedang Melanjutkan Studi S3
  • 17 Dosen Telah Memperoleh Sertifikasi Dosen


KONSENTRASI DAN GELAR KELULUSAN

Konsentrasi Program Studi Ilmu Hukum

  1. Hukum Perdata
  2. Hukum Pidana
  3. Hukum Acara
  4. Hukum Tata Negara
  5. Gelar Kelulusan
  6. Sarjana Hukum (SH)


PROFIL LULUSAN
Menghasilkan Lulusan Program Studi Ilmu Hukum UNPAB yang berkarakter yang Religius dan Tangguh dalam kehidupan bermasyarakat. Serta memiliki kompetensi dalam bidang hokum dan Peneliti (Dosen dan peneliti pada Lembaga/Balai penelitian).

CLUSTER 1 : (Ilmiah)

Menghasilkan Akademisi dan Peneliti (Dosen dan peneliti pada Lembaga/Balai penelitian)

CLUSTER 2 : (Profesional)

Menghasilkan praktisi hukum (Advokat, Hakim, Jaksa, Arbiter, Notaris)

CLUSTER 3 : (Teknis)
Mampu menghasilkan tenaga keteknisan bidang hukum (Paralegal, Legal Drafting)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN INTRAKURIKULER
Bentuk kegiatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum:

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  • Himpunan Mahasiswa Hukum (HMH):Forum ini dibentuk untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan wawasan keilmuan mahasiswa, meningkatkan kemampuan soft skills mahasiswa seperti kepemimpinan, motivasi berprestasi, kemampuan komunikasi efektif dan manajemen diri. Selain itu, BEM dan HMH memiliki kegiatan rutin forum diskusi untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berkembang dibidang Hukum. Forum ini dapat berjalan karena adanya kerjasama dengan Universitas dan Program Studi Ilmu Hukum yang juga dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Hukum.
  • Ekstrakulikuler berupa : Kelompok Pencinta Alam (Komapal), Bola Kaki, Bola Basket, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Tari, Karate dan Musik. Hasil dari Kegiatan: Mahasiswa dapat mengembangkan diri, dapat berkomunikasi dengan baik, beretika, berakhlak dan dapat beradaptasi dengan lingkungan


HIMPUNAN MAHASISWA PRODI
Himpunan Mahasiswa Hukum (HMH )

KEGIATAN  HIMPUNAN MAHASISWA PRODI
Organisasi Himpunan Mahasiswa Kegiatan yang dilakukan dalam organisasi himpunan mahasiswa diarahkan kepada kegiatan yang memiliki keterkaitan dalam mendukung pengetahuan bidang hukum baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan dibidang akademik seperti diskusi mahasiswa, debat hukum, event akademik, pelatihan izin usaha, Pertukaran Mahasiswa Nusantara (PERMATA UII pada 14 oktober 2016), pertemuan mahasiswa bidikmisi se Indonesia (UNPAB sebagai tuan rumah tanggal 20 April 2017 dengan tema Gembira 2017), Pertukaran mahasiswa Internasional (Passage to Asean), pelatihan paralegal, Tematik Alquran, orasi ilmiah dan peradilan semu..

KEGIATAN  DOSEN DAN MAHASISWA
Penelitian
Pada program studi Ilmu Hukum, pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dengan dosen sangat diperlukan dengan tujuan melatih mahasiswa dan membantu dosen untuk mensukseskan kegiatan penelitian (SK Dekan Nomor : 0459/03/FH/2014.2015 Tentang Tim Penelitian – Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum UNPAB).

Pengabdian  masyarakat
Pada program studi Ilmu Hukum, pelibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan dosen sangat diperlukan dengan tujuan melatih mahasiswa dan membantu dosen untuk mensukseskan kegiatan pengabdian masyarakat (SK Dekan Nomor : 0481/03/FH/2014.2015).

Seminar, Kuliah Umum, dan bedah buku
Sebagai kegiatan untuk meningkatkan dan memperluas wawasan mahasiswa dan dosen mengenai perkembangan ilmu pengetahuan baik dalam teori maupun praktek perlu diadakan kegiatan diskusi ilmiah dosen-mahasiswa, Seminar, Kuliah Umum, dan Bedah Buku yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

Kunjungan ke Lembaga/Instansi baik  pemerintah maupun swasta.

Kegiatan kunjungan ini melibatkan mahasiswa dan dosen bertujuan untuk menjalin hubungan kerjasama antara program studi ilmu hukum dengan lembaga/instansi dalam rangka peningkatan wawasan pengetahuan baik dalam teori maupun praktek dibidang hukum pada mahasiswa.

PRESTASI DOSEN DAN MAHASISWA

  1. Bola Kaki Pekan Olah Raga Mahasiswa POM UNPAB 2014
  2. English Speech and Debate Contest Universitas Pembangunan Panca Budi, Tahun 2015
  3. Debate Contest Universitas Pembangunan Panca Budi 2015
  4. Debat Mahasiswa se-Kota Medan DEMA dan SEMA Fakultas Syariah dan Hukum UINSU Periode 2015
  5. MSU GLC 2015 (Mahasharakam University Global Leadership C amp 20 -30 Agustus 2015 oleh Rabina)
  6. Musabaqah Tilawatil Quran-1 SAC UNPAB dan Fakultas Agama Islam 2015
  7. Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi VIII Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 9 s.d 15 Maret 2015
  8. Pekan Olahraga Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (POM-PTS) Kopertis Wilayah I Sumut, 26 s.d 30 Oktober 2016


KERJASAMA DALAM NEGERI

  1. Faculty of Law Prince OF Songkla University
  2. Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP)
  3. Daffodil International University
  4. Our Lady OF Fatima University
  5. Northern University Bangladesh
  6. International Language Programs (ILP)
  7. USM
  8. California State University, Long Beach
  9. Study California
  10. University Sultan Zainal Abidin (UNISZA)
  11. The California State University Systmen
  12. Humboldt State Univeristy
  13. The university of Kitakyushu
  14. Sun Moon University


KERJASAMA LUAR NEGERI

  1. Fakultas Hukum Universitas Malikul Saleh
  2. Badan Meteorologi Klimatologi, Geofisika, Balai Besar Wilayah I Medan (BMKG)
  3. Pengadilan Tinggi Agama Medan
  4. Pengadilan Militer I - 02 Medan
  5. Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Utara
  6. PT. Softmedia
  7. Badan Narkotika Kabupaten Langkat
  8. PT. Sun Life Financial Indonesia
  9. Yayasan Pendidikan Gunung Leuser Kutacane
  10. Fakultas Syari'ah Universitas Islam Sumatera Utara (UINSU)
  11. Ikatan Penasihat Hukum Indonesia Sumatera Utara (IPHI)
  12. PT. Radio Siaran Rodhesa
  13. Pengadilan Negeri Stabat
  14. Fakultas Hukum Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah
  15. Fakultas Hukum Universitas Tjut Nyak Dhien
  16. Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Malikul Saleh
  17. Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir
  18. Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupaten Samosir
  19. Walikota Medan


PENGABDIAN MASYARAKAT

  1. Kenakalan Remaja dalam Tindak Kejahatan Geng Motor Perguruan Panca Budi
  2. Kekerasan dalam Rumah Tangga di SMA 1 Tanjung Pura
  3. Desa Binaan UNPAB Desa Tanjung Ibus Kec. Secanggang Kab. Langkat
  4. Desa Binaan UNPAB Desa Pantai Cermin Kec. Tanjung Pura Langkat
  5. Advokasi Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Diluar Pengadilan Dalam Pengadaan Lahan Pembangunan Untuk Kepentingan Umum di Medan


PENELITIAN

  1. Penerapan Asas Ultimum Remedium dalam Mencapai Restoratif Justice Pada Sistem Peradilan Pidana Anak di Pengadilan Negeri Medan (2014)
  2. Pelaksanaan Eksekusi Sita Jaminan dalam Perkara Perdata oleh Pengadilan Negeri Medan (Studi di Pengadilan Negeri Kelas I A Medan) (2014)
  3. Analisis Hukum Pengangkatan Anak (Adopsi) Ditinjau Dari Hukum Perdata Dan Hukum Islam (2015)
  4. Hak Milik atas Satuan Rumah Susun Sebagai Jaminan Kredit (2016)
  5. Peran BPOM Medan Dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Makanan Yang Berbahaya Bagi Masyarakat Implementasi terhadap Undang-Undang NO. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (2016)


SARANA PELAYANAN MAHASISWA
Beberapa prasarana dan sarana yang telah disediakan untuk menciptakan interaksi akademik antar sivitas akademika mencakup:
Fasilitas internet dan intranet untuk seluruh civitas akademika (www.pancabudi. ac.id)  termasuk pembentukan hotspot di wilayahkampus.

  1. Penyediaan buku-buku teks edisi terbaru diperpustakaan
  2. Berlangganan jurnal-jurnal elektronik internasional (ProQuest,Ebsco)
  3. Ruang baca yang representatif diperpustakaan
  4. Multi media projector (in-focus) dan overhead projector di dalam kelas maupun di dalam pertemuan (rapat)
  5. Ruang diskusi dan referensi buku bagidosen
  6. Ruang dosen bagi dosen tetap dan tidaktetap
  7. Bursa kerja online
  8. Unit Kretivitas Mahasiswa dan organisasi mahasiswalainnya
  9. Peralatan laboratorium, dan sarana mobilitas yang pengelolaannya terdistribusi di Fakultas dan ProgramStudi
  10. Sarana Olah raga seperti lapangan badminton, basket, volla, bola kaki, futsal, tenis meja dankantin
  11. Alokasi dana penelitian dan pengabdian serta grant-grant lainnya yang disediakan universitas
  12. Untuk mendukung kenyamanan mahasiswa selama berada dalam lingkungan UNPAB layanan berikut juga tersedia bagi mahasiswa yaitu:
  13. Kantin
  14. Bank danATM
  15. TokoKoperasi
  16. TempatParkir
  17. Sedangkan untuk fasilitas yang disediakan dalam rangka mendukung kegiatan kemahasiswaan yaitu:
  18. Tempat/Sarana Olah Raga (kolam renang, lapangan bulu tangkis, lapanganbasket lapangan bolavoli)
  19. GedungUKM


BEASISWA

  1. Beasiswa Ranking Umum
  2. Beasiswa Rangking Kelas
  3. Beasiswa Prestasi dan Minat Bakat
  4. Beasiswa Pilihan Prodi
  5. Beasiswa Kurang Mampu
  6. Beasiswa Difabel
  7. Beasiswa Desa Binaan UNPAB
  8. Beasiswa Tahfidz Qur’an
  9. Beasiswa KIP Kuliah


IKATAN ALUMNI
Lulusan program studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNPAB memiliki Ikatan Alumni Fakultas Hukum UNPAB (IKA FH UNPAB), masa kepengurusan Ikatan Alumni 5 (lima) tahun. Aktifitas Ikatan Alumni FHUNPAB antara lain:
Temu Alumni yang diadakan setahun sekali.

Melibatkan IKA FH UNPAB pada kegiatan Fakultas seperti gathering mahasiwa dilakukan pada tahun 2016 dengan penanaman pohon untuk memperbaiki kerusa kan lingkungan di Desa Binaan FH, Pengabdian masyarakat melalui Sosialisasi Pos Bantuan Hukum pada tahun 2017 di Desa Binaaan, Penyuluhan Hukum ke Sekolah Menengah Atas pada tahun 2015 s/d 2017 dan Desa Binaan FH UNPAB melaui sosialisasi BUMDES pada tahun 2017.

IKA FH UNPAB aktif pada kegiatan BEM dan HMH FH UNPAB.

  1. Memberikan bantuan / sumbangsih yang dibutuhkan Prodi Ilmu Hukum berupa Laptop, alat bantu ajar berupa palu pengadilan (Peradilan Semu: Peradilan Pidana, Perdata, Peratun) dan buku-buku bacaan.
  2. Membangun komunikasi melalui jejaring website UNPAB, whatsapp IKA FH UNPAB dan Facebook: hukum@pancabudi.ac.id dan ilmuhukum@pancabudi.ac.id.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran terhadap pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar kerja pada tanggal 21-22 Mei 2015 melalui kegiatan Lokakarya.
  4. Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik program studi:
  5. Partisipasi Alumni Dalam Sumbangan Dana
  6. Partisipasi Alumni Dalam Sumbangan Fasilitas
  7. Partisipasi Alumni dalam keterlibatan kegiatan akademik
  8. Partisipasi Alumni Dalam Pengembangan Jejaring
  9. Partisipasi Alumni dalam penyediaan fasilitas akademik

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik:

  1. Sumbangan dana
  2. Sumbangan fasilitas
  3. Keterlibatan dalam kegiatan akademik
  4. Pengembangan jejaring: memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui Bursa Kerja Online (BKOL)
  5. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademi